Luhut Ungkap Bioetanol Belum Bisa Gantikan BBM Pertalite Tahun Ini

Luhut Ungkap Bioetanol Belum Bisa Gantikan BBM Pertalite Tahun Ini

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan targetkan bioetanol baru bisa menggunakan Pertalite tiga tahun mendatang.-Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, DISWAY.ID - BBM berbahan campuran bioetanol disebut-sebut akan menggantikan BBM pertalite di SPBU.

Kendati demikian, BBM berbahan campuran bioetanol sudah tersedia di SPBU dengan nama Pertamax Green 95, di mana BBM Pertamax Green baru tersedia terbatas di beberapa wilayah saja seperti Jabodetabek dan Jawa Timur.

Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan targetkan bioetanol baru bisa menggunakan Pertalite tiga tahun mendatang.

BACA JUGA:Komandan Pasukan Israel Tewas dalam Operasi Arnon Pembebasan Sandera di Nuseirat

BACA JUGA:Serbu Kode Redeem FF Hari Ini 11 Juni 2024, Tukarkan Item Secara Gratis

"Saya kira dalam 3 tahun, 2 tahun ke depan kita akan bisa capai (pertalite dengan bioetanol)," kata luhut dalam sambutannya pada acara ulang tahun HIPMI di Jakarta dikutip Selasa 11 Juni 2024.

Selain itu Luhut mengatakan bahwasanya saat ini Pertamina tengah proses mengakuisisi salah satu perusahaan yang memproduksi gula untuk dijadikan bioetanol di Brazil.

"Kita akan ganti bensin itu secara bertahap dengan Bioetanol. Sehingga nanti Pertamina memiliki sumber energi dan sumber gula di Brazil, itu akan membuat ketahanan energi kita bagus," tandas Luhut.

BACA JUGA:Apple Luncurkan iOS 18 dengan Bawa Banyak Fitur Baru, Ini Daftar iPhone yang Kebagian Update!

BACA JUGA:Warga Tinggal di Kolong Jembatan Pasar Ikan, 20 KK Bakal Direlokasi

Lebih lanjut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bahwa BBM Pertamax Green 95 dengan bahan bioetanol, merupakan langkah nyata Pertamina dalam mendukung capaian target Net Zero Emission (NZE) 2060.

"Produk ini adalah produk BBM hijau yang ramah lingkungan karena menggunakan bioetanol dari molases tebu. Ini merupakan implementasi dari salah satu pilar transisi energi Pertamina dalam mendukung transisi energi nasional dengan penggunaan campuran bahan bakar nabati," katanya.

BACA JUGA:Iwan Fals Gelar Konser Gratis di Tasikmalaya 15 Juni 2024, Catat Waktu dan Lokasinya!

BACA JUGA:SPBU Cibeber Cilegon Kebakaran, Pertamina Ungkap Kronologinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: