Perbasi Tangsel Sukses Kawin Gelar di Cabor Basket Popda Banten XI

Perbasi Tangsel Sukses Kawin Gelar di Cabor Basket Popda Banten XI

Hisyam Diah di tengah-tengah para pemain Tangsel saat merayakan kawin gelar di cabor basket Popda Banten XI.--

TANGSEL, DISWAY - Kota Tangerang Selatan sukses besar di cabang olahraga basket saat mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau Popda Banten XI. Mereka berhasil mengawinkan gelar juara basket putra dan putri.

Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia Tangerang Selatan (Perbasi Tangsel) M. Hisyam Diah ada di balik cerita sukses itu. Hisyam Diah sendiri baru saja dilantik menjadi Ketua Perbasi pada pertengahan 2023 lalu.

Hisyam mengaku banyak belajar dari kompetisi DBL Seri Banten, terutama untuk scouting dan memetakan calon lawan-lawannya di Popda Banten XI.

"Hasil ini (kawin gelar) sesuai target kami setelah berkaca dari apa yang ada di DBL Banten," kata Hisyam.

Ia sejak awal yakin para pelajar di Tangsel bisa memberikan kontribusi lebih di Popda Banten XI setelah melihat siapa juara di DBL Seri Banten 2023.

Di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Banten Series, saat itu dua sekolah di wilayah Tangsel berhasil menjadi finalis. 

Final DBL Banten 2023 sebenarnya merupakan ulangan final tahun 2022 lalu. Saat itu tim putri dan putra SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan menghadapi UPH College Tangerang.

Bedanya kali ini tim putra SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan berhasil mempertahankan gelar juara. Sedangkan tim putri SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan menyerahkan gelar juara pada UPH College.

"Kami melihat kalau di DBL saja bisa juara, harusnya kami juga bisa juara di Popda," kata Hisyam.

BACA JUGA:Hebat! Tim Putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 Kalahkan Timnas U18

Setelah berakhir DBL Banten, Hisyam dan jajaran Perbasi Tangsel langsung membuka seleksi terbuka sebagai persiapan Popda XI Banten.

Seleksi yang dibuka pada pertengahan Januari itu membludak. Diikuti 800 pelajar dari sekolah di seluruh Tangsel. Dari situ kemudian dilakukan seleksi untuk memilih 50 besar, 20 besar, dan akhirnya dipilih 12 pemain untuk Popda XI Banten.

"Selama periode itu juga kami gelar latihan seminggu 3 kali," Hisyam seperti dikutip dari laman DBL.id.

Dari kompetisi DBL Banten, Perbasi Tangsel juga memetakan kekuatan lawan. Mereka pun sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi calon lawannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: