Hebat! Tim Putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 Kalahkan Timnas U18

Hebat! Tim Putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 Kalahkan Timnas U18

Aksi pemain Tim Putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 Yualita Rency saat menghadapi Timnas Putri U18.-DBL Indonesia-DBL.id

SURABAYA, DISWAY.ID - Ada yang menarik dari sebuah pertandingan uji coba basket yang digelar di lapangan DBL Academy Pakuwon Mall, Kamis malam, 13 Juni 2024. Pertandingan itu mempertemukan tim basket putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 dan skuad Timnas Putri U18.

Yang menjadi menarik bukan saja jalannya pertandingannya. Tapi para pemain yang ada di tim tersebut.

Untuk diketahui, tim putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 merupakan skuad elite hasil seleksi kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day, yang digelar di 31 kota dan 23 provinsi di Indonesia sepanjang 2023-2024. 

Di setiap kota penyelenggaraan, DBL Indonesia sebagai penyelenggara kompetisi memang memilih para pemain terbaik putra dan putri. Mereka dijadikan satu tim bernama First Team. Ada juga kota yang memilih dua tim terbaik atau Second Team.

Dalam First Team dan Second Team itu juga dipiih pelatih terbaik yang diambilkan dari penyelenggaraan kompetisi DBL di kota itu.  

Nah, First Team maupun Second Team dari daerah-daerah itu kemudian dibawa ke Jakarta untuk dilatih dalam program bernama Kopi Good Day DBL Camp 2024.

Dari sana kemudian dilakukan seleksi dan terpilihlah 12 pemain putri dan 12 pemain putra terbaik untuk masuk dalam skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024. Masing-masing tim putra dan putri itu didampingi dua pelatih yang juga disaring lewat program DBL Camp. 

Skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 itu pada pertengahan Juli nanti akan dibawa ke Amerika Serikat. Di sana mereka akan menjalani serangkaian program latihan. Nah, sebelum itu mereka mengikuti training camp (TC) 1 dan 2.

BACA JUGA:Mahalini Guncang Kopi Good Day DBL Festival 2024: Dulu Nonton Liga DBL Sepulang Sekolah, Sekarang Jadi Bintang Tamu

TC 1 sendiri digelar di Surabaya, 12-14 Juni 2024. Di agenda TC itu juga ada scrimmage atau pertandingan uji coba. Tim Putra Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 dipertemukan tim BBM CLS. 

Sedangkan tim putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 ditandingkan lawan Timnas U18 Putri.

Di sinilah menariknya. Ternyata pemain tim putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 sebagian beririsan dengan pemain Timnas Putri U18.

Hal itu bisa terjadi karena memang mayoritas pemain Timnas Putri U18 juga merupakan anak-anak yang pernah bermain di kompetisi di DBL. Bahkan di antara mereka masih ada yang berstatus pelajar sehingga masih berhak berkompetisi di DBL. Beberapa di antara mereka itulah yang terpilih masuk skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024.

Setidaknya ada empat nama pemain putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 yang sebelumnya sudah terpanggil dalam seleksi Timnas Putri U18. Mereka adalah Berliana Yesi Triutari (SMA BPK Penabur Cirebon), Nathania Nicole Sasongko (SMA Gloria 1 Surabaya), Keira Ammabel Hadinoto (SMAN 70 Jakarta), dan Nelvina Sally Utomo (SMA Petra 1 Surabaya).

BACA JUGA:Sejarah Baru di DBL Camp 2024! Ini Wakil Kota Palu Pertama yang Tembus Top 24 Campers

Latar belakang itulah yang membuat pertandingan Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 vs skuad Timnas Putri U18 disebutnya sejumlah pihak sebagai "Scrimmage Game Rasa Timnas". Ya wajar karena komposisi dan materi kedua tim itu sama-sama selevel timnas.

Dan memang benar, pertandingan tim putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 vs skuad Timnas Putri U18 berjalan seru.

Di paruh pertama pertandingan, skuad putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 sempat kesulitan meladeni permainan Timnas Putri U18.

Banyak tembakan yang gagal dikonversi menjadi poin oleh anak-anak tim putri Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024. Kuarter kedua berakhir dengan skor 21-14 untuk keunggulan Timnas Putri U18.

"Saya rasa itu bagian dari penyesuaian mereka terhadap mindset yang sedang kita coba kembangkan. Baik defense maupun offense," kata Risdianto Roeslan, pelatih kepala DBL Indonesia All-Star 2024 sektor putri.

Selain itu, Risdianto menyebut kekompakan pemainnya juga belum sepenuhnya jalan. Meskipun beberapa dari mereka sudah sempat bersama-sama di Timnas Putri U18.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif DBL Camp 2024: Kepsek dan Guru SMA Adabiah 2 Padang Dukung Langsung Najya dan Gita di Jakarta

"Sebagai tim ini kan juga baru berusia dua hari, mungkin masih banyak yang meraba-raba. Sedangkan kita tahu, Timnas memang punya pemain yang bagus dan usia mereka juga lebih lama dari kami," jelasnya.

Setelah jeda turun minum, srikandi All-Star mulai memanas. Margin poin perlahan terkejar.

Tembakan tiga angka dari Nathania Nicole di sisa waktu tujuh menit menjadi awal mula kebangkitan skuad All-Star.

Tapi skuad Timnas Putri U18 juga tak mau kalah. Beberapa kali mereka menyamakan kedudukan.

Bahkan Timnas Indonesia kembali menutup kuarter ketiga dengan keunggulan. Lewat tembakan Kartika Hatta, sehingga skor sementara menjadi 32-29.

BACA JUGA:Memburu Talenta Muda Basket Indonesia di Kopi Good Day DBL Camp 2024

Beruntung, di kuarter pemungkas, para pemain All-Star mulai menemukan ritmenya. Racikan strategi duet pelatih Risdianto Roeslan dan Bisma Sabda membuat tim Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 bangkit dan menguasai pertandingan.

Pertandingan pun ditutup dengan skor akhir 44-41. Kemenangan tipis untuk skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024.

Usai pertandingan, Risdianto mengatakan secara tim, anak asuhnya sudah improve. Di setiap kuarternya mereka bisa step up.

"Memang belum mature enough as a DBL Indonesia Al-Star, tapi saya yakin mereka masih bisa jauh lebih baik lagi. Dan semoga akan terus lebih baik ke depannya. So far, saya cukup bangga dan puas dengan effort mereka hari ini,” tutup coach Risdi, sapaan akrab Risdianto.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: