UU Pemajuan Kebudayaan Terbukti Bikin Budaya Indonesia Diakui Dunia

UU Pemajuan Kebudayaan Terbukti Bikin Budaya Indonesia Diakui Dunia

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) Hilmar Farid-Kemdikbud-

Selain itu, ia menggarisbawahi pentingnya partisipasi lembaga pendidikan seni sebagai pusat pengajaran dan penelitian, konsultan, serta pemberi nasihat dalam dewan kesenian/kebudayaan, tim ahli cagar budaya, dan tim ahli warisan budaya tak benda.

Selain itu juga keterlibatan dalam perumusan peraturan perundang-undangan dari Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah hingga Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan turunannya.

Sehingga kebudayaan Indonesia dapat terus berkembang dan beradaptasi dengan tantangan zaman, seiring dengan tetap menjaga akar tradisionalnya yang kaya.

"Riset sepatutnya menjadi dasar setiap kebijakan. Sebagai contoh pengetahuan tradisional dan kekayaan hayati menyumbang 20% bagi industri farmasi. Hal tersebut menunjukkan betapa berharganya warisan budaya jika digarap secara serius."

"Kebudayaan yang kuat akan menjadi penjaga memori kolektif kita, memastikan nilai-nilai luhur dan pengetahuan tradisional terus diwariskan kepada generasi mendatang," tutup Hilmar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: