Simak Tips Bijak Pakai Kartu Kredit ala Renata Kusmanto

Simak Tips Bijak Pakai Kartu Kredit ala Renata Kusmanto

Renata Kusmanto bagikan tips cara pakai kartu kredit dengan bijak--Sabrina Hutajulu

1. Tentukan Pola Pembelanjaan

Sebelum mengeksplorasi sendiri pilihan kartu kredit, Anda harus terlebih dahulu memahami bahwa tidak ada 'satu ukuran untuk semua'. Anda tidak bisa meniru pola pengeluaran orang lain. Langkah pertama adalah menganalisis item pengeluaran Anda dan memilih kartu yang paling sesuai dengan gaya hidup.

2. Cocokkan Pola Pembelanjaan 

Kartu kredit menawarkan kemudahan pembelian sekarang dan bayar nanti. Kumpulkan pengeluaran rutin dan bidik kartu kredit yang melayani tiga kategori pengeluaran teratas, misalnya. tiket makanan atau bioskop.

BACA JUGA:Makin Gampang! Kini Pembayaran QRIS Pakai Kartu Kredit BRI Dapat Melalui BRImo

3. Menilai Keterjangkauan

Selain kartu tanpa biaya, semua kartu kredit memiliki biaya tahunan yang tidak dapat dikembalikan. Anda mungkin menemukan kartu premium tanpa biaya bergabung, kemungkinan besar ada biaya tahunan pada tahun kedua dan seterusnya. Mungkin ada keringanan biaya untuk mencapai pencapaian pembelanjaan.

4. Periksa Prioritas Pribadi 

Namun, sebelum mengambil keputusan terakhir, disarankan untuk melihat beberapa manfaat khusus penerbit. Ini bisa berupa manfaat unik yang hanya ditawarkan oleh penerbit tertentu kepada pelanggannya. 

5. Penggunaan yang Benar

Jangan pernah membagikan PIN kartu kredit Anda dan detail lainnya kepada siapa pun, meskipun orang tersebut mengaku dari bank. Saat menyelesaikan transaksi kartu kredit, pastikan mesin EDC (mesin tempat Anda memasukkan PIN kartu kredit) terlihat dan selalu periksa kembali jumlahnya sebelum memasukkan PIN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: