YDBA Bantu UMKM Naik Kelas, Petani di Desa Sukawangi Kini Bersertifikat Good Agriculture Practices

YDBA Bantu UMKM Naik Kelas, Petani di Desa Sukawangi Kini Bersertifikat Good Agriculture Practices

YDBA Bantu UMKM Naik Kelas, Petani di Desa Sukawangi Kini Bersertifikat Good Agriculture Practices-Disway/Sabrina Hutajulu-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Petani binaan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) yang tergabung dalam kelompok tani Arca Majeng Sareng kini bersertifikasi Good Agriculture Practices UMKM Pertanian.

Penyerahan sertifikasi ini berlangsung di Kampung Arca, Desa Sukawangi, Bogor Jawa Barat pada Rabu 10 Juli 2024.

BACA JUGA:Dukung Potensi Petani Kopi, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Pemerintah Kabupaten Lahat Gelar Program Pelatihan

BACA JUGA:Petani Milenial Dongkrak Produktivitas Tani Guna Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan RI dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Bogor.

Ketua Pengurus YDBA Rahmat Samulo mengatakan bahwasanya kerjasama antar berbagai pihak ini bisa saling menguntungkan satu sama lain.

"Harapannya semoga cara bertani kita lebih produktif dan menguntungkan, dan bisa menghasilkan sesuatu untuk masyarakat," katanya pada Rabu 10 Juli 2024.

Dikatakan Rahmat, penyerahan sertifikasi ini menunjukan bahwasanya petani di Desa Sukawangi sudah menjalankan proses pertanian yang baik dan sesuai standar.

BACA JUGA:Oknum Polisi Jadi Tersangka Penipuan Anak Petani Subang Masuk Polri

BACA JUGA:Petani Rempah di Danau Toba Naik Kelas Berkat KUR BRI

Sehingga lanjut Rahmat, bisa diharapkan menghasilkan output yang lebih baik.

Jadi, terang Rahmat, kolaborasi YDBA dengan PIP ini diharapkan dapat mengembangkan UMKM di Sukawangi, tidak hanya melihat spot by spot, namun secara ekosistem.

"Jadi YDBA dengan PIP ini mengembangkan UMKM di sukawangi tidak hanya melihat spot by spot, tapi kami melihat secara ekosistem, mulai dari pembibitan hingga pemasarannya, jadi ga sepotong-sepotong," kata Rahmat.

"Kalo kita melihatnya sepotong-sepotong, maka tingkat kesuksesannya kurang," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: