Sosok Anton Charliyan Mantan Kapolda Jabar yang Minta Maaf pada Pegi Setiawan Imbas Salah Tangkap

Sosok Anton Charliyan Mantan Kapolda Jabar yang Minta Maaf pada Pegi Setiawan Imbas Salah Tangkap

Sosok Anton Chairliyan mantan Kapolda Jabar 2016-2017--

JAKARTA, DISWAY.ID -- Ini dia sosok Anton Charliyan mantan Kapolda Jawa Barat (Jabar) yang mengaku khilaf dan meminta maaf pada Pegi Setiawan imbas salah tangkap pada kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Kini mantan Kapolda Jabar Anton Charliyan menjadi sorotan publik usai sidang pra peradilan Pegi Setiawan dinyatakan bebas dari penetapan tersangka kasus Vina Cirebon 2016 silam.

Saat itu, Anton Chairliyan baru saja menjabat sebagai Kapolda Jabar namun kasus Vina Cirebon sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung.

BACA JUGA:Eks Kapolda Jabar Anton Charliyan Ngaku Khilaf dan Minta Maaf ke Pegi Setiawan Gegara Salah Tangkap, Kini Minta Aep Diperiksa

Kendati demikian, baru-baru ini Anton mengakui adanya kekeliruan dari hasil penyidikan yang dilakukan juniornya pada saat itu.

Ia kemudian meminta maaf sekaligus mengucapkan selamat kepada Pegi Setiawan yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus Vina Cirebon.

"Saya selaku mantan Kapolda Jabar 2016-207 mengucapkan selamat kepada Kang Pegi dan saya atas nama pribadi juga memohon maaf atas perilaku mantan anak buah saya" pungkas Anton Charliyan dikutip Jumat, 12 Juli 2024.

Lantas siapa sebenarnya Anton Charliyan? Simak sosoknya di bawah ini.

BACA JUGA:Tiko Aryawardhana Bantah Gelapkan Dana Rp6.9 Miliar, Klaim Kantongi Bukti dengan Rekening Koran

Sosok Anton Charliyan

Anton Charliyan merupakan mantan Kapolda Jabar yang menjabat sejak tahun 2016-2017 dengan gelar Irjen. Pol Dr. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N.

Anton Charliyan juga merupakan purnawira perwira tinggi Polri yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 29 November 1960.

Ia berhasil menempuh pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus tahun 1984.

Sebelum menjadi perwira tinggi, dirinya sempat menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: