Kapan Seseorang Harus Periksa Mata? Ketahui Waktu yang Tepat dan Manfaatnya

Kapan Seseorang Harus Periksa Mata? Ketahui Waktu yang Tepat dan Manfaatnya

Kesehatan Mata-Simak kapan perlu operasi kelopak mata-Freepik

2. Periksa Mata untuk Anak Usia Sekolah

Ketika masuk usia sekolah, periksa mata perlu dilakukan kembali.

Sebaiknya periksakan penglihatan anak Anda sebelum masuk Sekolah Dasar, mengingat anak pada usia ini sudah membutuhkan fokus penglihatan yang lebih lama.

Jika ternyata anak Anda di usia sekolah tidak memiliki gejala gangguan penglihatan periksa mata dapat dilakukan setiap satu atau dua tahun.

Namun jika terdapat gejala gangguan penglihatan pada anak dan memerlukan penggunaan kacamata, periksa mata dapat dilakukan secara berkala antara 6 bulan sampai dengan 1 tahun sekali.

BACA JUGA:5 Makanan Ini Bisa Jaga Kesehatan Mata Lho, Cocok Buat yang Kerja Seharian Depan Laptop

3. Periksa Mata Pada Orang Dewasa

Secara umum, jika mata Anda sehat dan tidak memiliki gejala gangguan penglihatan, periksa mata sebaiknya dilakukan setiap 5 hingga 10 tahun sekali saat menginjak usia 20 tahun hingga 30 tahun.

American Academy of Ophthalmology merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan mata lengkap pada usia 40 tahun.

Pada usia ini biasanya beberapa perubahan penglihatan dan kemungkinan penyakit mata akan dimulai.

Periksa mata perlu dilakukan lebih sering, yaitu setiap satu hingga dua tahun sekali saat Anda menginjak usia 60 tahun atau lebih.

Bagi Anda yang memiliki gangguan refraksi mata, sebaiknya periksakan mata lebih sering, seperti satu tahun dua kali atau satu tahun sekali.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit sistemik kronis seperti diabetes melitus atau sedang konsumsi obat dengan efek samping mata yang serius, misalnya kortikosteroid.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: