Wamenag Dorong Optimalisasi Potensi Zakat untuk Kurangi Kesenjangan Sosial di Masyarakat

Wamenag Dorong Optimalisasi Potensi Zakat untuk Kurangi Kesenjangan Sosial di Masyarakat

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki--Sabrina Hutajulu

JAKARTA, DISWAY.ID - Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengungkapkan optimismenya bahwa di tengah berbagai tantangan yang ada, filantropi Islam akan tetap bisa memainkan peran strategisnya dalam pembangunan yang adil dan merata.

Serta dalam mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat.

BACA JUGA:Wapres Dorong Zakat Solusi Pengentasan Kemiskinan Menuju Indonesia Emas 2045

Dikatakannya umat islam harus memperkuat sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, lembaga zakat, dan seluruh elemen masyarakat.

"Dengan demikian, kita dapat mengoptimalkan potensi zakat untuk mendukung program-program pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial yang berdampak luas bagi masyarakat,” katanya saat membuka Musyawarah Nasional ke-10 Forum Zakat, di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Selasa 16 Juli 2024.

BACA JUGA:Forum Zakat Gelar Pembukaan Musyawarah Nasional ke-10, Begini Harapan Ketua Umum

Lebih lanjut Bambang Suherman selaku Ketua Umum Forum Zakat, mengatakan bahwasanya Forum Zakat sebagai forum yang mewadahi berbagai lembaga zakat di Indonesia, memiliki peran vital dalam mendukung program-program pemerintah.

"Saya berharap bahwasanya apa yang sudah dicapai pada periode hari ini tentu saja berlanjut, melakukan proses akselerasi dan peningkatan pencapaian, kita sangat punya konsen yang penting dan kuat di aspek kolaborasi," kata Bambang.

BACA JUGA:Gazalba Saleh Tepis Soal Gratifikasi, KPK: Ada Hak untuk Membela Diri

"Nah yang kita harapkan sebenarnya ke depannya itu kolaborasinya makin kuat supaya kita bisa memberikan dampak yang lebih bersar terhadap masyarakat," tandasnya.

Sebagai informasi, Munas ke-10 Forum Zakat merupakan agenda rutin setiap tiga tahun untuk pemilihan ketua umum periode baru.

BACA JUGA:Pendeta Gilbert Mengaku Salah Soal Zakat, Langsung Minta Maaf Sambil Cium Tangan Jusuf Kalla

Forum Zakat, sebagai asosiasi lembaga pengelola zakat, mengumpulkan Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dari seluruh Indonesia.

Dengan semangat kolaborasi, Munas ke-10 Forum Zakat diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam mewujudkan visi zakat sebagai sumber kekuatan ekonomi inklusif bagi bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: