Seluruh Jamaah Haji Sudah Pulang ke Tanah Air, KJT-30 Jadi Kloter Terakhir

Seluruh Jamaah Haji Sudah Pulang ke Tanah Air, KJT-30 Jadi Kloter Terakhir

Pelapasan jamah haji kloter terakhir KJT 30 di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah, 22 Juli 2024. --Media Center Haji

MADINAH, HARIAN DISWAY – Fase pemulangan jamaah haji Indonesia ke tanah air tuntas sudah. Sebanyak 316 jamaah haji dari kelompok terbang (kloter) KJT-30 menjadi yang terakhir diterbangkan dari tanah suci. 

Jamaah asal Kabupaten Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, dan Subang itu diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, menuju Bandara Kertajati. Mereka diangkut pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV-5712. 


Petugas Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Saudia Airlines, dan PPIH melepas jamaah haji kloter KJT 30. --Media Center Haji

“Dengan kepulangan jemaah kloter KJT-30 yang diterbangkan hari ini, Senin, 22 Juli 2024 pukul 01.00 WAS, maka fase pemulangan jemaah haji gelombang II dinyatakan selesai. Ini sekaligus mengakhiri tugas pelayanan PPIH Arab Saudi Daker Bandara,” kata Kepala Daker Bandara Abdillah di Bandara AMMA Madinah, Senin, 22 Juli 2024. 

"Jamaah haji kloter KJT-30 ini dijadwalkan tiba di Bandara Kertajati sore ini pukul 15.15 WIB," sambung Abdillah.

BACA JUGA:Jamaah Haji Kloter Terakhir Tiba di Tanah Air, Begini Kata Menag Yaqut

BACA JUGA:Jemaah Haji yang Masih Dirawat di Arab Saudi tetap Jadi Tanggung Jawab Pemerintah Indonesia

Selama masa operasional haji 1445 H/2024 M, PPIH daker Bandara telah melayani kepulangan 212.719 jemaah dan 2.745 petugas kloter. Mereka terbagi dalam 553 kloter. 

Selama musim haji 2024, terdapat 461 jamaah yang wafat. Jumlah ini jauh berkurang daripada tahun lalu. Pada musim haji 2023, jamaah haji yang meninggal di tanah suci 772 orang. 

"Sedangkan yang dirawat di RS Arab Saudi ada 62 orang, baik di Jeddah, Makkah, maupun Madinah. Seluruh biaya perawatan ditanggung Pemerintah Arab Saudi. Mereka segera dipulangkan setelah dinyatakan sehat dan mendapat izin dari rumah sakit setempat," jelas Abdillah.


Jamaah haji kloter KJT 30 bersiap di hotel di Madinah sebelum pulang ke tanah air. --Media Center Haji

Pelepasan jamaah haji kloter terakhir kemarin dilakukan oleh Konjen RI di Jeddah Yusron B. Ambary, Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam, dan Kadaker Bandara Abdillah. Juga disaksikan seluruh petugas haji  daker bandara. Jamaah haji Kloter KJT-30 dilepas di Paviliun 2 Bandara AMMA Madinah.

"Atas nama Pemerintah RI dan PPIH, kami mengucapkan selamat atas kelancaran rangkaian ibadah haji ini mulai dari awal hingga akhir. Semoga semua dilancarkan dan kembali ke Tanah Air dengan menyandang predikat haji mabrur,” ucap Konjen RI Yusron B. Ambary. 

Jamaah haji kloter KJT 30 ini juga dilepas Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Otorita Bandara Saudi dan Maskapai Saudia Airlines di atas karpet ungu yang digelar mulai pintu masuk terminal haji sampai gerbang imigrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: