Tak Ada Korban Jiwa, KBM di SDN 01 Pondok Bambu Tetap Normal Pasca Kebakaran

Tak Ada Korban Jiwa, KBM di SDN 01 Pondok Bambu Tetap Normal Pasca Kebakaran

Kebakaran di SDN 01 Pondok Bambu tak ada korban jiwa --Pemprov DKI

JAKARTA, DISWAY.ID - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) Provinsi DKI Jakarta memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kebakaran yang melanda Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, yang terjadi kemarin pada Selasa, 23 Juli 2024.

Sehingga Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta memastikan, kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan secara normal, namun dialihkan di SDN Pondok Bambu 07.

BACA JUGA:Enam Kilogram Sabu Diungkap Polda Metro Jaya, Disembunyikan dalam Boneka!

"Ketika mendapatkan laporan terjadi kebakaran di sekolah, tim kami dari Disdik langsung turun untuk ikut meninjau," ujar Plt. Kepala Disdik Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin dalam keterangannya.

Kemudian, kata Budi, pihaknya melakukan kesepakatan dengan seluruh pemangku kepentingan dengan mempertimbangkan tidak ada korban jiwa dan luka-luka.

"Maka mulai hari ini Rabu, 24 Juli 2024 kegiatan belajar siswa yang terdampak kebakaran dialihkan ke SDN Pondok Bambu 07. Proses belajar akan dilakukan pukul 12.30-17.00 WIB," tuturnya.

BACA JUGA:Penyebab Kebakaran SDN Pondok Bambu 01 Diduga Korsleting Listrik, Api Muncul dari Gudang

Sementara Kepala Disgulkarmat Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan menjelaskan, proses pemadaman berlangsung lancar dalam waktu sekitar satu jam.

Diketahui, Tim Disgulkarmat menerima laporan kebakaran dari warga sekitar pukul 12.20 kemarin, yang kemudian langsung direspons dengan segera mengerahkan unit dan personel menuju lokasi kejadian.

BACA JUGA:Kegiatan Belajar Mengajar di SMAN 82 Tetap Berjalan Normal Pasca Kebakaran

"Proses pemadaman dimulai pada pukul 12.22 WIB. Pukul 12.55 WIB, petugas berhasil melokalisir api untuk memastikan tidak terjadi perambatan ke bangunan sekitar. Lalu pukul 13.20 WIB proses pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar, agar tidak menyisakan api maupun asap yang dapat memicu kebakaran kembali," ujar Satriadi.

BACA JUGA:SDN 01 Pondok Bambu di Jakarta Timur Kebakaran, 18 Ruang Kelas Ludes Dilalap Api

Total sebanyak 18 unit dan 90 personel dikerahkan.

Operasi pemadaman kebakaran dinyatakan selesai pukul 13.20 WIB.

Dugaan sementara kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik, namun pihaknya akan kembali melakukan investigasi lebih lanjut bersama pihak berwenang.

BACA JUGA:KBM Siswa SDN Pondok Bambu 01 yang Kebakaran Tetap Berjalan, Dipindah ke Sekolah Lain

"Api pertama kali terlihat dari gudang tempat penyimpanan peralatan musik. Setelah itu, api menyebar ke ruang kelas. Total terdapat 18 ruangan kelas yang terdampak. Penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan untuk memastikan penyebab pasti kebakaran," tuturnya.

Satriadi turut mengimbau kepada seluruh sekolah agar lebih memperhatikan kembali sarana dan prasarana proteksi kebakaran.

"Minimal di setiap ruangan atau lantai tersedia Alat Pemadam Api Ringan (APAR)," tukasnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: