Kolaborasi dengan Mode Paris, PINTU Incubator Dukung Industri Fashion Indonesia di JF3 Fashion Festival

Kolaborasi dengan Mode Paris, PINTU Incubator Dukung Industri Fashion Indonesia di JF3 Fashion Festival

PINTU kembali berkolaborasi dengan lulusan sekolah mode ternama École Duperré Paris.--Istimewa

PINTU Incubator merupakan platform bilateral visioner yang bertujuan untuk memberdayakan talenta muda dan UMKM di bisnis mode Indonesia dan Prancis.

BACA JUGA:Manfaatkan KUR BRI, Zialova Batik Sukses Bertransformasi Jadi Produsen Fashion Lokal Favorit di Pekalongan

Inisiatif ini menjembatani ragam budaya dua negara dan mendukung keberlanjutan, mendorong kolaborasi antara ekosistem fashion lokal dan global.

Melalui serangkaian pembimbingan, lokakarya, dan kolaborasi dengan organisasi dan pakar mode terkemuka dari Indonesia dan Prancis, PINTU Incubator mempersiapkan partisipan agar siap dan mampu memasuki pasar mode serta mendapatkan eksposur internasional.

Thresia Mareta, founder LAKON Indonesia dan co-inisiator PINTU Incubator, menjelaskan, PINTU Incubator dibangun dengan visi untuk membangun sebuah forum yang dinamis yang akan mempertemukan generasi baru dari para pelaku fashion Indonesia dan Prancis.

BACA JUGA:Heboh Fashion Show Baju Renang di Arab Saudi Jadi yang Pertama dalam Sejarah, Netizen: Akhir Zaman

“Kami memberdayakan dan mendorong pertumbuhan seluruh partisipan, memfasilitasi siapapun yang terlibat di dalamnya yang ingin tumbuh dan berkembang, baik di tingkat nasional maupun internasional. Upaya ini akan memberikan manfaat yang tidak hanya berarti bagi industri fashion tanah air, tetapi yang paling penting, juga dampak yang besar di masyarakat secara luas,” ucapnya

Perjalanan proses kurasi partisipan PINTU Incubator dimulai dengan melakukan rekrutmen pada November 2023, yang sukses menarik antusiasme lebih dari 500 kreator muda.

Partisipan kemudian melalui serangkaian proses kurasi ketat, sehingga terpilih lima brand terbaik yang akan menjalani program inkubasi intensif.

Para brand lokal tersebut ialah Senses, Enigma, Denim It Up, Arae, dan Tales and Wonder.

BACA JUGA:Classy Yamaha Punya Warna Baru, Lebih Mewah dan Fashionable

Kelima brand tersebut akan mempresentasikan karya mereka di runway JF3 bersama enam alumni École Duperré, yaitu: Colline Percin, Luisa Gauchon, Noemie Jondot, Guy Chassaing , Ninon Fievet, dan Daniel Cheruzel. Tahap kurasi akan terus berlanjut, sehingga pada akhirnya akan terpilih 2 brand yang mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi di Paris Trade Show, bersama-sama dengan alumnus dari program PINTU Incubator periode sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa pembinaan yang dilakukan PINTU Incubator terus berjalan dan berkelanjutan.

Tahun ini, PINTU Incubator juga semakin memperkuat kemitraan internasional dengan berbagai pihak strategis. Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, H.E Fabien Penone, mengatakan PINTU membentuk aliansi inovatif antara Prancis dan Indonesia di bidang fashion. Sejak dimulai pada tahun 2022, program ini telah mendukung lebih dari tiga puluh lima desainer di kedua negara.

Untuk tahun ketiga ini, dua puluh desainer dan profesional fashion Prancis akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang mencakup pertemuan bisnis, peragaan busana, konferensi, kunjungan studio, dan mentoring.

BACA JUGA:Bangga! Modest Wear Indonesia Melenggang di Moscow Fashion Week Usung Nilai Budaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: