Bangun Jaringan Pipa 3.000Km, Heru Budi: Guna Antisipasi Kelangkaan Air Bersih

Bangun Jaringan Pipa 3.000Km, Heru Budi: Guna Antisipasi Kelangkaan Air Bersih

Pj Gubernur Heru Budi (tengah). -Candra Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, pihaknya akan membangun jaringan pipa sepanjang 3.000 kilometer.

Pembangunan pipa itu dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan air bersih di Jakarta.

BACA JUGA:PNM Peduli Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih di Dusun Ngreco

BACA JUGA:Warga Pademangan Keluhkan Krisis Air Bersih, Heru Budi Janji Kirim Mobil Tanki Air PAM

Adapun pengerjaannya diprediksi rampung pada 2026.

"Ada beberapa titik lokasi yang akan dilakukan pengembangan penggalian terhadap jaringan pipa sepanjang kurang lebih 3.000 kilometer untuk memperbaiki semua jaringan pipa sehingga kami harus berbenah," ujar Heru di Jakarta Selatan, dikutip pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Kendati demikian, Heru tidak merinci lokasi mana saja yang akan dilakukan pengerjaan. Namun, dirinya meminta maaf jika ada daerah-daerah yang terdampak macet di kemudian hari.

"Ada beberapa titik lokasi yang macet termasuk mungkin rekan-rekan dari kedutaan besar ada beberapa yang mengalami kemacetan," tuturnya.

BACA JUGA:Kasihan.. Warga Ancol Krisis Air Bersih Sejak Seminggu, Aliran PAM Mati Tanpa Pemberitahuan

"Ini kami lakukan kurun waktu satu sampai dua tahun ke depan dan mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik demi keberlangsungan daerah Jakarta dalam memberikan mengatasi kerawanan air bersih ke depan," tambahnya.

Dengan adanya pipanisasi itu. Heru berharap masyarakat Jakarta khususnya di pesisir sudah dapat dengan mudah mengakses air bersih pada 2030 mendatang.

"Kita lanjutkan bahwa masyarakat di posisinya nanti 2030 itu bisa mendapatkan air bersih di ujung Jakarta, Muara, Cilincing, dan lainnya," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: