Malaysia Dibidik Jadi Target Market Pamerkan Produk UMKM Indonesia
Malaysia Dibidik Jadi Target Market Pamerkan Produk UMKM Indonesia-Disway/Sabrina Hutajulu-
JAKARTA, DISWAY.ID-- Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono menyebut bahwasanya Malaysia patut dilirik menjadi salah satu target pasar UMKM Indonesia.
Hal tersebut ia sampaikan pada press conference Indonesia Retail Summit di JCC, Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat 9 Agustus 2024.
BACA JUGA:Ratusan UMKM Tangerang Diserap Berkat Makan Bergizi Gratis
BACA JUGA:Gratis! Event Pameran JITEX 2024 di JCC 7-11 Agustus, Hadirkan Produk Lokal dan UMKM Berkualitas
"Kenapa kita harus melirik Malaysia untuk meningkatkan akses pasar umkm indonesia? Ada beberapa alasan," kata Hermono.
"Pertama dalam setiap trend expo Indonesia, Malaysia selalu menduduki 3 tiga besar dalam jumlah pengunjung maupun dalam jumlah transaksi," paparnya.
Itu artinya kata Hermono, banyak pengusaha Malaysia yang membeli produk-produk Indonesia.
Hal tersebut bisa dilihat dari perilaku wisatawan Malaysia yang utamanya adalah untuk shopping dan kuliner.
BACA JUGA:Siap Jalankan Program Makan Bergizi Gratis, Gibran Sebut Akan Libatkan UMKM dan Orang Tua Murid
BACA JUGA: Jokowi Minta Pelaku UMKM Mulai Pakai AI untuk Promosi
"kedua, karena kedetakan budaya dan kedekatan lokasi, orang-orang Malaysia sangat mengenal produk Indonesia, sangat cinta produk dan kuliner Indonesia," imbuhnya.
Lebih lanjut, Hermono menerangkan bahwasanya Malaysia memiliki jaringan distribusi yang kuat, sehingga produk UMKM yang akan dimasukan akan melalui jaringan distribusi yang sudah ada.
"Jadi selama ini KBRI Malaysia bekerja sama dengan beberapa perusahaan Indonesia di bidang logistik, sehingga produk UMKM yang kita masukan melalui jaringan distribusi yang ada," tandasnya.
BACA JUGA:Kominfo Fasilitasi Pelaku UMKM Adopsi Teknologi Digital untuk Tingkatkan Daya Saing
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: