ISPEN 2024 Jadi Wadah Kolaborasi Akademisi dan Pegiat Olahraga, Fokus Isu Terkini dalam Bidang Gizi

ISPEN 2024 Jadi Wadah Kolaborasi Akademisi dan Pegiat Olahraga, Fokus Isu Terkini dalam Bidang Gizi

International Symposium and Workshop on Physical Fitness and Sports Nutrition (ISPEN)--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Saat ini, gizi olahraga di dunia telah mengalami perkembangan dan perubahan seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya nutrisi dalam mendukung performa atlet dan individu yang aktif secara fisik. 

Bertajuk topik “ Emerging Trends in Nutrition, Physical Activity, and exercise”, Program Studi Gizi dan Profesi Dietisien Universitas Esa Unggul bersama dengan Asosiasi Nutritiosionis Olahraga dan Kebugararan Indonesia (ANOKI) yang berafiliasi dengan Asian Nutrition Society for Sports and Health (ANSSH) akan menyelenggarakan untuk kedua kalinya, 2nd International Symposium and Workshop on Physical Fitness and Sports Nutrition (ISPEN), yaitu pada Hari Rabu-Jumat pada tanggal 7,8, dan 9 Agustus 2024 di Kemala Ballroom Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, yaitu hari pertama adalah sesi workshop dengan topik “Sports nutrition” dan “Training for Peak Performance”.

Sementara dua hari selanjutnya adalah sesi symposium dengan empat topik besar yaitu “Nutrition and health”, Physical activity and exercise”,“Food development and supplement”, dan “Athlete Performance”. 

BACA JUGA:Dukung Gerakan Sekolah Sehat, Ratusan Orang Ikuti Festival Jalan Sehat dan Sarapan Bergizi

Pada hari kedua symposium akan dilaksanakan opening ceremony yang dibuka oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia, Rektor Universitas Esa Unggul, dan Ketua Umum Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI).

ISPEN 2024 akan menghadirkan 14 narasumber dari 6 negara, yaitu Inggris, Jordan, Korea Selatan, Jepang, Singapore, dan Indonesia. 

Adapun narasumber yang akan hadir, yaitu Rebeca Randell dan Teena Badshah dari Gatorade Sport Science Institute Inggris, yang juga menjadi salah satu sponsor pada kegiatan ISPEN 2024 ini.

Selain itu, ada Prof. Ibrahim Dabayebeh dari University of Jordan, Prof. Masashi Miyashita dari Waseda University Jepang, Prof. Wook Song dari Seoul dari Seoul National University Korea Selatan, Assoc Prof. Jason Lee dari National University of Singapore (NUS) Singapore, Para Guru Besar Bidang Gizi dan Olahraga di beberapa universitas terkemuka di Indonesia, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Gatorade dari Pepsico dan Herballife dalam penyelenggaraan ISPEN 2024.

BACA JUGA:Kritik JPPI Singgung Makan Bergizi Gratis Hanya Pencitraan, Buang-Buang Anggaran

Selain sesi presentasi, seminar ini juga akan menyelenggarakan sesi tanya jawab, diskusi panel, dan workshop interaktif yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif bagi semua peserta. 

ISPEN 2024 bertujuan untuk menjadi wadah kolaborasi antara akademisi, peneliti, mahasiswa, atlet, pelatih, dan penggiat olahraga untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, serta inovasi mengenai isu-isu terkini dalam bidang Gizi Olahraga.

Selain itu, menurut Ketua ISPEN 2024, Maya Fernandya Siahaan, B.Sc., M.Kes, kegiatan ini akan menjadi ajang promosi bagi masyarakat mengenai pentingnya peranan gizi dan aktivitas fisik sebagai kebutuhan dasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: