AMPAK Desak Kasus Dugaan TPPU Plt Bupati Mimika Diusut, Ini Respons Kejagung

AMPAK Desak Kasus Dugaan TPPU Plt Bupati Mimika Diusut, Ini Respons Kejagung

Aliansi Masyarakat Papua Anti Korupsi (AMPAK) menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) hari ini, Selasa, 13 Agustus 2024--Anisha Aprilia

JAKARTA, DISWAY.ID - Aliansi Masyarakat Papua Anti Korupsi (AMPAK) menggelar aksi unjuk rasa di Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) hari ini, Selasa, 13 Agustus 2024.

Dalam tuntutannya, mereka meminta agar kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang melibatkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Mimika, Johannes Rettob dituntaskan.

BACA JUGA: Dihadapan Panwascam Distrik Papua Tengah, Herwyn: Kerja Cerdas, Ikhlas dan Berkeyakinan

Mereka menilai jika kasus tersebut tak ditangani sejak diumumkan ke publik pada 22 Juli 2023.

Koordinator aksi, Alfred Pabika, menyatakan kekecewaannya terhadap Kejaksaan Tinggi Papua (Kejati) yang dinilai lamban dalam menangani kasus ini.

BACA JUGA:Bobby Maulana Personel Trio Ubur-Ubur Maju Jadi Wakil Walikota Sukabumi, Diusung Partai Nasdem

“Kami menilai Kejati Papua tidak serius mengungkap dan menyelesaikan kasus ini, terutama yang melibatkan Plt. Bupati Mimika. Ada dugaan intervensi yang menghalangi proses hukum,” ujar Alfred dalam orasinya di depan Kejagung, Selasa, 13 Agustus 2024.

Menanggapi hal ini, Kapuspenkum Kejagung, Harli Siregar menyebut saat ini kasus dugaan TPPU Johannes tengah ditangani oleh Kejati Papua.

BACA JUGA:Hati-hati! BMKG Ungkap 23 Wilayah Ini Berpotensi Dilanda Hujan Lebat, Ada Jakarta Hingga Papua

"Iya, jadi waktu mereka datang pertama itu sudah kita teruskan ke Papua. Saya baru telpon Aspidsus sana, ini sedang ditelaah untuk ditangani. Coba tanya di sana lah," kata Harli Siregar saat dikonfirmasi, Selasa.

Dia membantah jika kejaksaan menunda-nunda penanganan perkara dugaan TPPU di Mimika tersebut.

BACA JUGA:Kristina Elisabeth Duwiri Calon Paskibraka Tingkat Pusat 2024 dari Perbatasan Papua Nugini

"Mana kita tahan-tahan, langsung. Tadi baru saya tanya Aspidsus, karena saya tanya dulu. Karena enggak mau sembarang ngomong," ucap Harli.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: