Anindya Bakrie Berharap Panahan dan Menembak Raih Emas di Olimpiade 2028

Anindya Bakrie Berharap Panahan dan Menembak Raih Emas di Olimpiade 2028

CdM Kontingen Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie setelah finis maraton pada Olimpiade Paris. -NOC Indonesia-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Anindya Bakrie sukses mengantarkan Indonesia meraih dua emas dan 1 perunggu pada Olimpiade Paris 2024. Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia itu berharap Indonesia bisa masuk 20 besar pada Olimpiade 2028 di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Kalau mau masuk 20 besar harus bisa meraih 4-5 emas pada Olimpiade 2028 di Los Angeles," kata Anindya Bakrie saat menjadi tamu podcast Dahlan Iskan, Energi Disway, di kantor Disway National Network (DNN) di Equity Tower, SCBD, Jakarta, Kamis malam, 15 Agustus 2024.

Tambahan emas itu, kata Anindya, diharapkan dipersembahkan oleh cabor panahan dan menembak. "Mengapa harus dua cabor itu?" tanya Dahlan Iskan.

BACA JUGA:Jelang 68 Hari Pemerintahannya Berakhir, Jokowi Beri Bonus Atlet Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Raih Medali Emas di Olimpiade Paris 2024, Rizki Juniansyah Dapat Bonus dari Visa

Menurut Anindya, cabor yang menyediakan medali banyak memang atletik dan renang. Juga gymnastic. Namun, kata Anindya, cabor itu sangat ditentukan oleh fisik atlet. Postur rata-rata atlet Indonesia agak sulit menyaingi atlet dari negara pendulang emas seperti Amerika Serikat dan Tiongkok. Memang tidak ada yang mustahil, tapi effort-nya jaug lebih besar.

Indonesia, kata Anindya, akan lebih mudah bersaing pada cabor yang lebih mengedepankan konsentrasi daripada postur dan fisik. Atlet panahan dan menembak tidak bergantung pada kondisi fisik. Tapi lebih pada mengadu konsentrasi. Dan potensi atlet Indonesia pada dua cabor itu sangat besar.

Dengan dua emas, Indonesia secara umum menduduki peringkat ke-39. Sebagai negara yang masuk G20, wajar bila Indonesia harus bisa menembus 20 besar. Pada Olimpiade 2028 nanti, kata Anindya, dua emas dari angkat besi dan panjat tebing harus dipertahankan. "Lalu ditambah bulu tangkis, panahan, dan menembak. Indonesia bisa membawa pulang minimal 4 emas. Malah bisa 5 emas,'' kata pria 49 tahun itu.

Persiapan cukup pendek. Kualifikasi Olimpiade sudah dimulai dua tahun lagi. Federasi olahraga panahan dan menembak harus benar-benar fokus menyiapkan atletnya untuk mendapat medali pada Olimpiade Los Angeles.


Dahlan Iskan dan Anindya Bakrie saat taping podcast Energi DIsway di Equity Tower, SCBD, 15 Agustus 2024.-Tomy Gutomo-Harian Disway-

Anindya Bakria selaku CdM optimistis Indonesia bisa lebih banyak mengumpulkan medali pada Olimpiade Los Angeles. Kemenpora harus memberikan support besar kepada atlet yang memiliki peluang meraih medali. "Tentu dari sisi anggaran harus benar-benar disiapkan," ujarnya. 

Pada Olimpiade Paris 2024, Indonesia meraih 2 emas dan 1 perunggu. Emas diraih oleh atlet panjat tebing Veddriq Leonardo di nomor speed putra dan Rizki Juniansyah, atlet angkat besi 73 Kg. Sedangkan perunggu diraih atlet tunggal putri bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung.

BACA JUGA:Antar Kontigen Olimpiade Paris 2024, Transjakarta Siapkan Bus Tingkat Design Khusus Menuju Istana Presiden

BACA JUGA:Cara Desak Made Obati Kekecewaan Usai Gagal Raih Medali di Olimpiade Paris 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: