Tak Hanya Jernih, Air di IKN Dijamin Aman Konsumsi

Tak Hanya Jernih, Air di IKN Dijamin Aman Konsumsi

Air di IKN dijamin bersih sudah dites Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang minum langsung dari keran-Dok. PUPR-

SPAM Sepaku yang terdiri atas Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 300 liter per detik, pipa transmisi 16 kilometer, serta reservoir dan pipa distribusi sepanjang 22 kilometer bakal melayani beberapa tempat penting.

Mulai dari kantor dan Istana Presiden, Kantor Kemensetneg, Markas Paspampres, Komplek Kementerian Koordinator, amphitheater, galeri, service area, hunian ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), dan fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan, juga rumah sakit.

Sebagai pelengkap, pemerintah menerapkan Smart Water and Wastewater Management di IKN.

BACA JUGA:PLN Hadirkan 100 Persen Listrik Hijau pada HUT ke-79 RI di IKN, Dijamin Andal!

Direktur Transformasi Hijau OIKN Agus Gunawan menyampaikan bahwa kedua fitur tersebut sejalan dengan konsep smart city yang juga menjadi landasan pembangunan IKN.

Menurut Agus, penerapan teknologi untuk mendukung smart water and smart waste water management bisa didukung dengan integrasi Supervisory Control dan Data Acquisition (SCADA).

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air memastikan, dalam rencana disusun sudah terdapat perencanaan SCADA.

Bahkan sudah dipasang pada Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku yang menjadi sumber penyedia air baku serta air minum di IKN dan sekitarnya.

SCADA tersebut terintegrasi dengan command center sehingga bisa dipantau secara terpusat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: