PGN Pagardewa Dorong Petani Karet Terapkan Wanatani

PGN Pagardewa Dorong Petani Karet Terapkan Wanatani

Program Wanatani atau yang lebih dikenal dengan agroforestri merupakan salah satu upaya strategis yang dilakukan oleh para petani di Desa Pagar Dewa dalam memanfaatkan lahan yang sedang dalam tahap peremajaan karet.--PGN

Saat ini, penanaman semangka telah memasuki periode kedua. Pada panen pertama, para petani berhasil menghasilkan 10 ton semangka, di mana 6 ton di antaranya didistribusikan ke pasar Jakarta.

Sedangkan pada panen kedua yang berlangsung per tanggal 12 Agustus 2024, telah diperoleh hasil panen sebesar 7 ton dan diperkirakan akan terus berjalannya. 

BACA JUGA:PGN Amankan Pasok Gas Dari PJBG Blok Cepu dan Blok Muriah

Fajriyah Usman selaku Sekretaris Perusahaan PGN menegaskan bahwa PGN mendukung program-program pemberdayaan seperti Wanatani sudah menjadi bagian dari komitmen PGN dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Selama ini, PGN telah aktif berpartisipasi dalam berbagai inisiatif yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan petani dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. 

“Sudah menjadi tanggung jawab kami di PGN untuk berkontribusi dalam program-program yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk dalam kegiatan Wanatani ini,” ujar Fajriyah. 

BACA JUGA:PGN Tanggap Atasi Kebocoran Pipa Gas di Kuningan

Program Wanatani bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani karet melalui diversifikasi sumber penghasilan dan mengoptimalkan manfaat dari lahan perkebunan.

Langkah ini juga sejalan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan yang diusung oleh Global Platform of Sustainable Natural Rubber (GPSNR), sebuah inisiatif global yang mendorong produksi karet alam yang berkelanjutan. PGN akan terus mendukung setiap langkah untuk keberhasilan program Wanatani. 

BACA JUGA:PGN Tanggap Atasi Kebocoran Pipa Gas di Kuningan

Sementara itu, Tugiwan Aliestono, petani karet yang terlibat dalam program Wanatani, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas dukungan yang diberikan oleh PGN - Stasiun Kompresor Gas Pagardewa. 

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PGN dalam program Wanatani ini. Program ini tidak hanya membantu kami memanfaatkan lahan dengan lebih baik, tetapi juga memberikan penghasilan keluarga kami,” urai Tugiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: