BRIN Tambah Data Ancaman Megathrust dan Tsunami dari BMKG

BRIN Tambah Data Ancaman Megathrust dan Tsunami dari BMKG

Ancaman Nyata Gempa Megathrust-serhii_bobyk-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut dampak nyata dari adanya gempa Megathrust Selat Sunda dapat menyebabkan musibah besar.

Bencana besar yang dapat diciptakan dari kehadiran gempa Megathrust dengan magnitudo yang besar yakni mampu menciptakan musibah tsunami yang mana gelombangnya sampai ke Jakarta. 

Selain itu BRIN juga mengungkap tsunami bisa bisa saja mencapai Jakarta jika magnitudo gempa Megathrust Selat Sunda angkanya mencapai M 9. 

Peneliti BRIN, Danny Hilman Natawidjaja mengungkapkan bahwa gempa Megathrust dengan guncangan keras mampu menciptakan Tsunami yang sangat mengerikan.

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Kabupaten Berau Kaltim, Berpusat di Darat

Namun begitu, BRIN menilai bahwa data dan penelitian mengenai Megathrust Selat Sunda di Indonesia masih sangat terbatas.

BRIN masih tidak dapat memastikan seberapa sering daerah sekitar Megathrust Selat Sunda mengalami gempa, kapan gempa megathrust terakhir terjadi, dan kapan gempa besar akibat Megathrust Selat Sunda akan terjadi.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum terdapat laporan mengenai gempa besar yang disebabkan oleh pertemuan dua lempeng tektonik atau Megathrust Selat Sunda.

Menurut Danny, kurangnya data dan studi tentang Megathrust Selat Sunda sangat kontras dengan jumlah data yang ada mengenai Megathrust Mentawai-Siberut yang sudah dianggap cukup oleh BRIN.

BACA JUGA:Fakta-fakta Gempa Megathrust yang Tinggal Menunggu Waktu: Pemicu Hingga Peta Zona Bahayanya!

Gempa Megathrust Mentawai-Siberut diprediksi dapat menyebabkan gempa besar dengan kekuatan mencapai M 8,8.

Data terkait Megathrust Mentawai-Siberut berasal dari berbagai sumber seperti data geologi, perubahan elevasi pulau di wilayah tersebut, data seismik, dan Global Positioning System (GPS).

Bahkan BRIN menjelaskan bahwa Megathrust adalah sumber gempa yang terletak di batas dua lempeng tektonik yang bertemu.

Meskipun masih belum ada kepastian mengenai kapan gempa besar dapat terjadi di wilayah Megathrust Selat Sunda, setidaknya sudah ada penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa S-3 yang mengungkapkan potensi kekuatan gempa Megathrust Selat Sunda mencapai M 8,5 di wilayah Jawa bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: