Siaga 1! Virus Mpox Varian Clade 1B yang Lebih Menular Sudah Terdeteksi di Thailand

Siaga 1! Virus Mpox Varian Clade 1B yang Lebih Menular Sudah Terdeteksi di Thailand

Siaga 1! Virus Mpox Varian Clade 1B yang Lebih Menular Terdeteksi di Thailand---Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Otoritas kesehatan Thailand mengonfirmasi bahwa ada seorang pria yang terdeteksi mengidap mpox dari virus jenis Clade 1b.

Kasus tersebut dialami oleh seorang pria berusia 66 tahun dari negara Eropa yang tiba di Thailand minggu lalu dari negara Afrika yang tidak disebutkan di mana penyakit tersebut menyebar.

Thongchai Keeratihattayakorn, direktur jenderal Departemen Pengendalian Penyakit, mengatakan menyebut hasil tes mengonfirmasi bahwa kakek itu terinfeksi cacar monyet jenis Clade 1b. Penularan itu merupakan kasus pertama yang didiagnosis di Thailand, tetapi pria ini kemungkinan terinfeksi dari negara endemis.

Ia mengatakan tidak ada infeksi lokal lain yang terdeteksi melalui pelacakan kontak. Clade 1b telah memicu kekhawatiran global karena mudahnya penyebarannya melalui kontak dekat rutin.

BACA JUGA:Lokasi 12 Laboratorium Rujukan Cacar Moyet, Kemenkes: Hasil Pemeriksaan Akan Dilaporkan ke WHO

Kasus varian tersebut dikonfirmasi minggu lalu di Swedia dan dikaitkan dengan wabah yang berkembang di Afrika, tanda pertama penyebarannya di luar benua tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan wabah penyakit baru-baru ini sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional setelah varian baru tersebut diidentifikasi.

Pihak berwenang Thailand mengatakan bahwa pria yang dikonfirmasi menderita mpox itu telah transit di negara Timur Tengah, yang juga tidak mereka sebutkan, sebelum terbang ke Thailand pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Kementerian kesehatan Singapura mengatakan telah mendeteksi 13 kasus infeksi mpox klade 2 tahun ini.

BACA JUGA:Kenali Gejala Cacar Monyet, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit: Bisa Menular Antar Manusia

Sampai saat ini, semua infeksi mpox di negara-kota itu adalah infeksi klade 2 yang "kurang parah", kata kementerian itu dalam sebuah buletin pada hari Kamis. Pemerintah mengatakan sedang memantau situasi global dengan cermat.

Kementerian kesehatan mengatakan bahwa sebagai tindakan pencegahan, mereka akan memeriksa suhu tubuh para pelancong yang tiba di bandara Changi dan Seletar dari tempat-tempat yang berisiko terkena wabah mpox mulai hari Jumat.

Seorang ahli Boehringer memberikan penjelasan penuh tentang apa yang perlu masyarakat ketahui tentang patogen yang sebelumnya disebut "cacar monyet".

BACA JUGA:Darurat Cacar Monyet, Kemenkes Siapkan 12 Laboratorium Rujukan Cek Virus Mpox

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: