Ya Ampun! Gen Z Ternyata Jarang Masak, Lebih Suka Beli di Luar

Ya Ampun! Gen Z Ternyata Jarang Masak, Lebih Suka Beli di Luar

23% Gen Z mengaku jarang atau bahkan tidak pernah memasak--Istimewa

Sebanyak 7 dari 10 responden mengaku bahwa memasak lebih hemat dibandingkan membeli makanan di luar. 

Selain alasan penghematan, sekitar 60% responden memasak untuk kepuasan pribadi karena mereka dapat menikmati makanan yang sesuai selera.

Kebersihan dan alasan kesehatan juga menjadi prioritas bagi 56% responden, dengan Milenial dan Gen X menjadi kelompok yang paling memperhatikan hal ini.

Bagi Gen Z, mereka sering memasak untuk meningkatkan keterampilan memasak mereka.

BACA JUGA:Masakan Spesial Idul Adha: Intip 3 Resep Olahan Daging Kambing Sederhana, Dijamin Enak Bikin Nagih!

Peralatan Dapur

Dalam proses memasak, penggunaan peralatan dapur tentu tak dapat dipisahkan. Peralatan dapur yang paling sering digunakan adalah kompor, yang dipakai oleh 88% responden.

Peralatan lainnya yang juga sering digunakan adalah pisau (83%), wajan (77%), dan panci (70%). Talenan juga merupakan peralatan yang penting, digunakan oleh 70% responden.

Mengingat nasi adalah makanan pokok di Indonesia, penanak nasi juga sering digunakan oleh 64% responden.

Ketika membeli peralatan dapur, mayoritas responden mempertimbangkan harga dan kualitasnya.

Milenial cenderung mengutamakan ukuran, model, dan desain peralatan dapur. Di sisi lain, hampir setengah dari Gen X lebih fokus pada efisiensi energi saat membeli peralatan dapur.

BACA JUGA:Masakan Spesial Idul Adha: Intip 3 Resep Olahan Daging Kambing Sederhana, Dijamin Enak Bikin Nagih!

Aska Primadi, Head of Research Jakpat menjelaskan bagaimana kondisi ekonomi rumah tangga berpengaruh pada kebiasaan memasak dan mempersiapkan makanan sehari-hari.

“Di segmen senior, Gen X terlihat bahwa mereka lebih concern dengan isu efisiensi energi dalam memasak, mengingat bahwa sehari-hari mereka lebih sering mempersiapkan makanan sendiri dalam rumah,” ujarnya.

Aska menambahkan, “Selain itu mayoritas Gen X juga berasal dari upper class yang tentunya lebih mampu membeli peralatan memasak yang hemat energi dan tahan lama, di mana peralatan jenis ini harga jualnya lebih tinggi dibandingkan peralatan memasak pada umumnya. Gen X melihat ini sebagai salah satu bentuk investasi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: