Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina Sambut 520 Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina Sambut 520 Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Komisaris Utama Pertamina Simon Aloysius Mantiri, Direktur SDM Pertamina Persero Erry Sugiharto dan President Pertamina Foundation Agus Mashud beserta manajemen berfoto bersama dengan mahasiswa diacara Welcoming Awardee Beasiswa Pertamina Sobat Bumi Tahun-Pertamina-

Pertamina sebagai perusahaan energi nasional, memiliki komitmen kuat untuk mengusung keberlanjutan atau sustainability yang diterapkan juga dalam program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

Untuk itu, para penerima beasiswa diwajibkan untuk melakukan green initiative berupa kegiatan Aksi Sobat Bumi (Aksi SoBI) dan Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI). 

BACA JUGA:Kementerian ESDM Dorong Optimalisasi Migas 2025, Produksi Minyak Pertamina Hulu Rokan Bakal Digenjot

BACA JUGA:Harga BBM per 1 September 2024 di Pertamina, Shell, BP, dan Vivo Kompak Turun

Dalam acara Welcoming Awardee pencapaian-pencapaian dua kegiatan tersebut ditampilkan pada Sobat Bumi gallery walk.

Para penerima beasiswa berhasil menginisiasi 24 DEB SoBI terdiri dari 19 Pembangkit Listrik Tenaga Surya, 2 biogas, dan 3 hybrid (PLTS dan Biogas). Adapun listrik yang dihasilkan sebesar 44.651 kWh/tahun dan biogas yang dihasilkan sebesar 2689,2 m3.

DEB yang mereka hasilkan mampu membawa efisiensi biaya listrik Rp 64.476.304/tahun serta efisiensi Biaya LPG Rp 11.429.100/tahun. Sebanyak 1.725 orang dari UMKM, kelompok tani, dan rumah tangga menerima manfaat dari DEB SoBI.

Sementara lewat Aksi Sobat Bumi, para penerima beasiswa berhasil mengumpulkan 4.5 ton sampah diolah menjadi 25 produk inovatif hasil olahan sampah.

Kemudian, para penerima juga menanam 22.682 bibit pohon, yang terdiri dari 19.922 bibit mangrove, 1.525 bibit jenis trembesi/cempaka/angsana, dan 1.235 bibit pohon penyerap karbon lainnya. 

BACA JUGA:Sukses Cetak Wirausaha Tangguh, Menteri Teten Apresiasi Program Pertamina UMK Academy

BACA JUGA:Pertamina Jajaki Peluang Kerja Sama Strategis pada Forum Bisnis Indonesia-AS

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari menyampaikan tahun ini penerima beasiswa ditantang untuk mengembangkan DEB SoBI bahkan mereplikasinya ke desa-desa lainnya. Harapannya tahun ini tercipta 16 DEB SoBI baru.

“Kalian sudah menjadi keluarga Sobat Bumi dan Pertamina Foundation sebagai pelaksana beasiswa ini wajib memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang kalian. Maksimalkan dengan baik untuk meningkatkan value diri sendiri sehingga kalian punya daya saing tinggi untuk menghadapi dunia kerja ke depannya. Gerakkan isu sustainability sesuai tagline Sobat Bumi Cintai Bumi Selamatkan Bumi, jadilah cahaya yang melahirkan cahaya-cahaya baru,” tutup Agus.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: