Pertamina Patra Niaga dan Vale Indonesia Bersinergi, Dorong Dekarbonisasi dengan HVO

Pertamina Patra Niaga dan Vale Indonesia Bersinergi, Dorong Dekarbonisasi dengan HVO

Dekarbonisasi menuju Net Zero Emission 2060, Pertamina Patra Niaga teken MoU dengan PT Vale Indonesia -Dok. Pertamina Patra Niaga-

BALI, DISWAY.ID – PT Pertamina Patra Niaga bersama PT Vale Indonesia Tbk menjalin kemitraan strategis dalam penyediaan bahan bakar ramah lingkungan.

Hal ini sebagai bagian langkah strategis keduanya dalam mendukung upaya dekarbonisasi yang sejalan dengan target Indonesia untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060.

BACA JUGA:Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Langsung Penyaluran LPG 3Kg di Tangerang Selatan

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Pastikan Pertalite Tetap Disalurkan 1 September 2024

Kerjasama di bidang pemanfaatan produk Hydrotreated Vegetable Oil (HVO) yaitu Pertamina Renewable Diesel ini bagian dari komitmen Pertamina Patra Niaga untuk menjadi energy solution provider dan mitra utama dalam dekarbonisasi di sektor industri.

Hal ini dituangkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan dan President Director PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy di Bali pada Senin 9 September 2024 kemarin. 

Kerja sama ini menandai komitmen bersama dalam mengurangi emisi karbon melalui pemanfaatan energi bersih, melalui pemanfaatan HVO, bahan bakar ramah lingkungan yang memiliki potensi mereduksi emisi karbon hingga 85% dan emisi gas rumah kaca sampai 90%.

Riva mengatakan melalui layanan Pertamina One Solution, Pertamina Patra Niaga menyediakan solusi energi terintegrasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan beragam mitra bisnis, termasuk PT Vale Indonesia Tbk.

“Solusi ini mencakup penyediaan bahan bakar yang lebih bersih serta dukungan logistik dan infrastruktur yang efisien, memastikan operasional bisnis berjalan secara optimal dan berkelanjutan,” ujarnya.

BACA JUGA:Pertama di Asia Tenggara, Pertamina Patra Niaga Tersertifikasi Internasional Distribusi SAF

Selain itu, Riva menambahkan kemitraan strategis antara Pertamina Patra Niaga dan PT Vale Indonesia Tbk tidak hanya berfokus pada penyediaan produk energi bersih, tetapi juga pada program pemberdayaan masyarakat. 

“Selain dekarbonisasi, kemitraan ini juga bertujuan membantu memperkuat implementasi ESG dan mendukung PT Vale Indonesia Tbk dalam ruang lingkup kepatuhan terhadap regulasi lingkungan yang diterapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, termasuk penilaian peringkat PROPER. Kerjasama ini sejalan dengan upaya PT Vale Indonesia Tbk dalam meningkatkan standar keberlanjutan lingkungan dalam operasional mereka,” ujarnya.

President Director PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy mengungkapkan kerjasama strategis ini sejalan dengan roadmap dekarbonisasi perusahaannya. 

“Kerjasama ini sangat penting bagi PT Vale Indonesia Tbk dalam mencapai dan meningkatkan standar keberlanjutan serta mengurangi emisi karbon di seluruh kegiatan operasi kami. Produk dan layanan dari Pertamina Patra Niaga, seperti HVO, akan sangat membantu dalam perjalanan dekarbonisasi kami,” ujar Febriany Eddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: