Gempa Bumi Guncang Gunung Kidul M 4,9: BMKG Ungkap Faktanya

Gempa Bumi Guncang Gunung Kidul M 4,9: BMKG Ungkap Faktanya

Gempa Bumi Gunungkidul-brgfx-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Gempa bumi hari ini dengan kekuatan Magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Gunungkidul, DI Yogyakarta pada Sabtu, 14 September 2024 pukul 05.00 WIB.

Informasi ini dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang menyatakan bahwa pusat gempa berada pada kedalaman 10 km.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa lokasi episenter gempa berada sekitar 128 km Barat Daya Gunungkidul, dengan koordinat 9.13 Lintang Selatan dan 110.42 Bujur Timur.

Pada laman resmi BMKG, tertera informasi singkat mengenai gempa ini, "Gempa Mag:4.9, 14-Sep-2024 05:00:04 WIB, Lok: 9.13 LS, 110.42 BT (128 km Barat Daya GUNUNGKIDUL-DIY), Kedlmn:10 Km."

BACA JUGA:Jadwal Bioskop Trans TV Hari Ini 14 September 2024, Long Weekend Nonton Film Aksi-Horor!

BMKG juga memberikan disclaimer mengenai informasi tersebut, bahwa penyebarannya dilakukan dengan cepat namun dampak pasti dari gempa belum dapat dipastikan.

"Disclaimer: Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," jelas BMKG.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak bisa diprediksi dengan sempurna, namun kami sebagai BMKG selalu melakukan pemantauan dan analisis secara rutin untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Jangan panik, tetapi tetap waspada dan siaga dalam menghadapi potensi gempa bumi di sekitar wilayah kita.

BACA JUGA:Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dibahas di DPR pada 17 September, Perkuat Timnas Indonesia Lawan Bahrain

Semua pihak diimbau untuk memperhatikan informasi resmi dari BMKG dan tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas atau tidak terverifikasi.

Dengan saling mendukung dan berbagi informasi yang benar, kita dapat mengurangi dampak buruk dari bencana alam seperti gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: