Gunung Ibu Erupsi Dahsyat, Pecahkan 9 Kali Gempa

Gunung Ibu Erupsi Dahsyat, Pecahkan 9 Kali Gempa

Gunung Ibu Erupsi Dahsyat, Pecahkan 9 Kali Gempa---Dok. Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Gunung api Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara kembali mengalami erupsi pada pagi ini Kamis, 12 September 2024 pukul 06.21 WIT.

Informasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat bahwa tinggi kolom abu yang teramati mencapai sekitar 1.500 meter di atas puncak gunung dan sekitar 2.825 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu yang teramati memiliki warna kelabu dengan intensitas yang tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sekitar 1 menit 15 detik.

Bahkan saat erupsi terjadi, terdengar suara dentuman dari Gunung Ibu dengan tingkat yang masih lemah sampai di Pos Pengamatan Gunung Api Ibu.

BACA JUGA:Pagi Ini Gunung Ibu Kembali Erupsi, Tampak Semburan Abu Setinggi 300 Meter!

Saat ini, Gunung Ibu berada pada Status Level III (Siaga), dan KESDM merekomendasikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar gunung dan pengunjung serta wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas.

Larangan untuk beraktivitas itu setidaknya dalam radius 4 km dari kawah gunung dan perluasan sektoral hingga 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

KESDM juga mengimbau agar jika hujan abu terjadi, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata).

Hal ini bertujuan untuk melindungi kesehatan dari dampak abu vulkanik yang dapat memberikan gangguan pada saluran pernapasan dan mata.

BACA JUGA:PVMBG Konfirmasi Gunung Ibu Erupsi Pagi Ini, Ketinggian Kolom Abu Capai 800 Meter di Atas Puncak

Selalu penting untuk mematuhi peringatan dan rekomendasi dari otoritas terkait saat terjadi erupsi gunung api untuk menjaga keselamatan dan kesehatan semua orang.

Semua pihak diharapkan dapat bekerjasama dalam mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengurangi risiko yang mungkin timbul akibat aktivitas gunung api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: