Jakarta Maju Tanpa Lupakan Budaya, RK Ingin Perkuat Pencak Silat Betawi

Jakarta Maju Tanpa Lupakan Budaya, RK Ingin Perkuat Pencak Silat Betawi

Jakarta Maju Tanpa Lupakan Budaya, RK Ingin Perkuat Pencak Silat Betawi-Disway/Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil ingin memperkuat pencak silat Betawi jika terpilih dalam Pilkada Jakarta. 

Pencak silat melampaui seni bela diri, karena memiliki filosofi kehidupan yang kuat dan melekat pada budaya di Indonesia, termasuk budaya masyarakat Betawi.

BACA JUGA:Ini Maksud Pesan Teks Ridwan Kamil ke Anies Baswedan: Silaturahmi, Bukan Dukungan

BACA JUGA:Dapat Kabar Didukung Partai Ummat, Begini Respons Ridwan Kamil

“Alhamdulillah pencak silat dinobatkan sebagai warisan dunia, di dalamnya ada silat-silat Betawi. Jadi pastilah saya pertahankan urusan budaya silat, kita fasilitasi,” kata Ridwan Kamil, saat beraudiensi dengan warga di Jalan Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat,  15 September 2024.

Sebagai informasi, Ridwan Kamil merupakan salah satu tokoh yang menerima amanat dari Presiden Joko Widodo untuk mempresentasikan pencak silat kepada juri UNESCO di Paris, Prancis pada 2017 silam.

Dua tahun berselang, yakni 2019, akhirnya pencak silat dinyatakan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

BACA JUGA:Silaturahmi dengan Betawi Jewara, Ridwan Kamil: Dukungan Emak-Emak Dominan

BACA JUGA:Ini Alasan Ridwan Kamil Belum Datang ke CFD di Jakarta

“Pencak silat harus dilestarikan karena sudah jadi warisan budaya dunia. Karena pencak silat ada bela dirinya, filosofinya, ada musiknya (pencak), ada budaya, ada busananya, setiap wilayah cara berpakaiannya berbeda,” ujarnya.

Mengingat kerja kerasnya dalam meloloskan status pencak silat sebagai warisan budaya dunia, Ridwan Kamil akan memperkuat pencak silat, terutama silat Betawi saat menjadi orang nomor satu di Jakarta nanti.

Salah satu cara untuk melestarikan dan memperkuat silat khas Betawi adalah dengan membuat padepokan-padepokan di Jakarta. Untuk padepokan yang sudah ada, tentu akan direnovasi dan dipercantik agar bisa memikat anak muda Jakarta untuk belajar silat khas Betawi.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Temui Komunitas Betawi di Tanah Abang: Fokus pada Pelestarian Sejarah dan Kesejahteraan Ekonomi

BACA JUGA:Ketemu Komunitas Betawi di Tanah Abang, Ridwan Kamil Dapat Doa dari Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: