Begini Cara Vespa Lestarikan Budaya Batik di Hari Batik Nasional

Begini Cara Vespa Lestarikan Budaya Batik di Hari Batik Nasional

Begini Cara Vespa Lestarikan Budaya Batik di Hari Batik Nasional-Vespa-

BACA JUGA:Hari Batik Nasional 2024, Begini Cara Bedakan Batik Tulis, Cap, dan Printing

- Belajar Sejarah Batik: Melihat balik kembali sejarah Batik di Indonesia dan perkembangannya sehingga bisa menjadi inspirasi.

Makna batik bagi PT Piaggio Indonesia dan merek Vespa 

Rangkaian acara yang sarat nilai budaya menarik terkait batik bersama pencinta Vespa dan budaya dan pihak-pihak pendukung lain, PT Piaggio Indonesia berharap mendorong kesadaran masyarakat dalam melestarikan budaya-budaya bangsa, seperti Batik yang sudah tersohor di dunia.

PT Piaggio Indonesia melihat batik sebagai salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan dan dikembangkan termasuk oleh Piaggio Group. 


Vespa Batik LX 125 i-get Special Edition lansiran 2022-Vespa-

Hal ini tercermin dari kehadiran Vespa Batik LX 125 i-get Special Edition pada 2022 lalu, yang turut menandai pembukaan pabrik pertama Piaggio Group di Indonesia. 

Piaggio Group juga telah menghadirkan Vespa Primavera Batik yang direspon positif oleh pasar di luar Indonesia.

Vespa Batik ini mengadaptasi pola batik tradisional 'Tambal Jagad' sebagai motif utama yang tersemat di bodi kendaraan dan aksesori seperti helm dan topbox. 

Pola utama menggambarkan kolase dari tujuh motif batik, yaitu Perisai (Kalimantan), Megamendung (Jawa Barat), Ayam Kasuari (Papua), Sokowani (Sumatera), Tenun Ikat Menjangan (Nusa Tenggara), Kawung (Jawa Tengah), dan Poleng (Bali).

BACA JUGA:Hari Batik Nasional 2024, Ini Tips Merawat dan Melestarikan Kain Wastra Khas Indonesia

BACA JUGA:Hari Batik Nasional 2024 Tanggal Berapa? Intip Tema dan Sejarahnya

Motif yang tersemat itu membawa inspirasi tentang berbagai latar belakang, tradisi, serta filosofi unik dan khas masing-masing. Dengan menggabungkan itu semua, Vespa Batik bisa benar-benar mewujudkan semangat “Dari Indonesia, Untuk Indonesia”. 

Melalui berbagai aksi yang dilakukan, PT Piaggio Indonesia berharap adalah agar batik bisa terus diapresiasi dan terus bisa dilestarikan dari waktu ke waktu hingga generasi mendatang.  

Sebagai bentuk komitmen PT Piaggio Indonesia untuk terus melestarikan budaya Indonesia, khususnya batik. Komitmen ini telah dibuktikan dengan menjalin sinergi bersama Museum Batik Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: