Bangga Berbatik, Intip Produksi Batik Custom dengan Sentuhan Kain Santung

Bangga Berbatik, Intip Produksi Batik Custom dengan Sentuhan Kain Santung

Proses produksi batik kain santung Juragan 99 Garment --Istimewa

BACA JUGA:Hari Batik Nasional, PNM Berdayakan Pengrajin Batik Lewat Teknik Ecoprint di Kampung Madani

• Pembuatan design atau rancangan pola motif batik

• Pemilihan bahan kain

• Pengepasan atau fitting design pada pola

• Pencetakan motif batik pada pola

• Pencetakan motif batik dari pola ke kain atau bahan yang diinginkan

• Proses jahit (serta pembuatan sample produk sesuai kebutuhan pelanggan)

• Proses finalisasi dan pengemasan

BACA JUGA:Hari Batik Nasional, PNM Berdayakan Pengrajin Batik Lewat Teknik Ecoprint di Kampung Madani

Batik Santung

General pengemasan juragan 99 Garment, Hariadi Waskita, yang setiap hari memantau jalannya produksi di Kabupaten Malang, Jawa Timur ini mengatakan kualitas jadi kunci utama kami, sehingga seluruh proses dan tahapan pembuatan batik di Juragan 99 Garment akan melalui quality control yang ketat.

“ Apalagi batik yang kami produksi merupakan batik custom, artinya setiap produk yang dihasilkan adalah produk yang unik, sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan,” katanya.

Hariadi juga menambahkan mengenai jenis kain yang selama ini menjadi favorit masyarakat dan bisa dibilang akan menghasilkan printing batik yang sangat bagus.

“Kain santung yang termasuk jenis tenun sutra, memiliki serat tak beraturan yang unik dan justru membentuk tekstur istimewa. Motif batik yang dicetak di kain santung, biasanya terlihat lebih mewah dan menonjol, sehingga banyak disukai pelanggan,” tuturnya.

Sejak diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda, batik kian populer dan kerap digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari acara resmi kenegaraan, korporasi, hingga aktivitas casual sehari-hari.

Bahkan pengaplikasiannya pun tak hanya terbatas pada pakaian saja, melainkan sudah menjadi tas, aksesoris, dan barang-barang penunjang aktivitas lainnya. Sejak tahun 2009 Hari Batik Nasional dicanangkan, pelaku industri batik pun semakin bergeliat dan menghasilkan aneka kreasi batik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: