Sinergi BULOG-TNI AD, Kerja Sama Budidaya Pertanian dan Jaringan Distribusi Pangan

Sinergi BULOG-TNI AD, Kerja Sama Budidaya Pertanian dan Jaringan Distribusi Pangan

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mengadakan kegiatan Apel Danrem dan Dandim Terpusat Tahun 2024 Bersama BULOG di Jakarta-Dok. Bulog-

JAKARTA, DISWAY.ID - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mengadakan kegiatan Apel Danrem dan Dandim Terpusat Tahun 2024 di Jakarta.

Perum BULOG hadir dalam kegiatan tersebut untuk menjalin 2 bentuk Perjanjian Kerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yaitu Optimalisasi Peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) dalam Pendampingan Budidaya Pertanian dan juga Program Pengembangan Usaha Koperasi di Lingkungan TNI AD melalui jaringan Rumah Pangan Kita (RPK).

BACA JUGA:Membantu Masyarakat Miskin dengan Bantuan Pangan Berkualitas dari Perum BULOG

BACA JUGA:Membangun Masa Depan Pertanian Berkelanjutan dengan Teknologi Canggih yang Didukung Perum BULOG

Bentuk kerjasama ini untuk mewujudkan sinergi dalam menjaga Budidaya Pertanian dan membangun Jaringan Distribusi Pangan.

Adapun yang hadir dalam Kegiatan Danrem dan Dandim Terpusat Tahun 2024 dan sekaligus Penandatanganan Kerjasama ini adalah Wakil Direktur Utama Perum BULOG, Marga Taufiq dan Asisten Teritorial Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P.

Adapun perjanjian kerjasama ini yang pertama bertujuan untuk kerja sama kemitraan strategis budidaya pertanian untuk mendukung peningkatan produktivitas lahan petani.

Dan mendukung kepastian pasokan bahan baku perusahaan, terciptanya lingkungan budidaya yang kondusif dan optimalisasi peran Babinsa dalam mendukung pertanian nasional.

Sedangkan sedangkan yang kedua berkaitan dengan distribusi pangan dalam Pengembangan Usaha Koperasi di Lingkungan TNI AD melalui Jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) dengan tujuan mewujudkan pelaksanaan Kerja Sama Program Pengembangan Usaha Koperasi di Lingkungan TNI AD melalui jaringan Rumah Pangan Kita (RPK).

BACA JUGA:Bulog Dukung Pendidikan Putra Putri TNI/POLRI melalui Program Bulog Peduli Pintar di NTB

Dalam sambutannya Wakil Direktur Utama Perum BULOG, Marga Taufiq menyampaikan, Bulog merupakan kontributor utama untuk kedaulatan pangan Indonesia yang mana tugas utama Bulog yaitu 3 Pilar Ketahanan Pangan yaitu Ketersediaan, Keterjangkauan dan Stabilitas Pangan.

"Harapan BULOG adalah melalui Babinsa dapat membantu dalam pendampingan program Mitra Tani Bulog yang akan nantinya mempermudah dalam penyerapan gabah untuk cadangan nasional dan mengajak kerjasama melalui Rumah Pangan Kita (RPK) dengan Koperasi di lingkungan TNI AD dalam distribusi produk Bulog sebagai jaringan penyaluran secara komersial dengan harga yang murah," ujar Marga Taufiq. 

Adapun 2 poin Peluang Kerjasama TNI AD dengan Perum BULOG yaitu Pengadaan Gabah beras melalui Petani Binaan TNI dan Kerjasama Kemitraan Rumah Pangan Kita dengan Koperasi milik TN karena Bulog juga sudah siap memberikan dukungan terutama bahan pokok seperti beras dan lainnya.

"Perum BULOG punya program Mitra Tani untuk penyerapan gabah dan beras dan berharap dengan bantuan Babinsa hal tersebut akan lebih optimal lagi. Selanjutnya adalah kerjasama kemitraan Rumah Pangan Kita (RPK) dengan koperasi, salah satunya dengan jaringan koperasi yang luas dan kehadiran BULOG melalui produk-produk pangan dengan harga yang terjangkau supaya dapat dinikmati oleh lebih banyak pihak lagi," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: