KPK Dukung Komitmen Prabowo-Gibran dalam Pemberantasan Korupsi

KPK Dukung Komitmen Prabowo-Gibran dalam Pemberantasan Korupsi

Ketua KPK, Nawawi Pomolango, berharap agar reformasi hukum yang dijanjikan Prabowo-Gibran terwujud.-ayu novita-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendukung penuh terhadap komitmen pemerintah dalam memperkuat upaya Pemberantasan Korupsi.

Hal ini tercantum dalam visi dan misi Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Ketua KPK, Nawawi Pomolango, berharap agar reformasi hukum yang dijanjikan dapat diwujudkan secara nyata, terutama dalam memperkuat institusi penegak hukum seperti KPK, Kepolisian, Kejaksaan, dan Kehakiman. 

BACA JUGA:Gibran Pantau Langsung Gladi Bersih Pelantikan Presiden dan Wapres, Muzani: Beliau Senang Acaranya Tak Bertele-tele

Di saat yang sama, KPK juga akan melanjutkan tugas dan fungsinya yang tak semata mengedepankan penindakan, namun juga pencegahan dan pendidikan antikorupsi.

“Dengan menjadikan KPK sebagai center of excellence dalam upaya pemberantasan korupsi, KPK siap untuk bekerja sama secara erat dalam pencegahan melalui edukasi antikorupsi di berbagai jenjang pendidikan, serta meningkatkan sinergi dengan sektor swasta dan publik,” ujar Nawawi dalam keterangan tertulis pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Dalam hal ini, KPK mendukung komitmen pemerintah untuk memastikan independensi KPK dan institusi hukum lainnya dalam penegakan hukum kasus-kasus korupsi.

"Upaya tanpa intervensi ini sangat penting untuk menjaga profesionalitas dan integritas lembaga penegak hukum, serta menjamin supremasi hukum yang adil dan transparan,” tegas Nawawi.

BACA JUGA:Ramai Bahlil Lulus Doktor Kurang dari 2 Tahun, UI Bentuk Tim Investigasi!

Nawawi juga mendukung penuh komitmen dari pemerintah baru untuk memprioritaskan pemberantasan korupsi di sektor-sektor yang berkaitan dengan hajat hidup banyak orang.

"Bersama pemerintah, KPK akan terus bekerja untuk memastikan bahwa sumber daya publik dikelola dengan baik dan terbebas dari tindak pidana korupsi," Imbuhnya. 

Dalam memastikan pemberantasan korupsi, Nawawi mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen agar pemberantasan korupsi di Indonesia berjalan seimbang.

"KPK berkomitmen penuh untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam memastikan pemberantasan korupsi berjalan seimbang, baik melalui upaya penindakan untuk menghilangkan keuntungan pada pelaku, maupun pemulihan kerugian keuangan negara," jelasnya.

BACA JUGA:Azrul Ananda Bocorkan Rahasia Eksistensi 20 Tahun Kompetisi DBL di Indonesia Sports Industry Summit 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait