953 Unit Rumah Warga Kabupaten Jember Diterjang Banjir, 150 Hektar Lahan Pertanian Rusak

953 Unit Rumah Warga Kabupaten Jember Diterjang Banjir, 150 Hektar Lahan Pertanian Rusak

BPBD Jember menginformasikan genangan yang terpantau berada di jalan-jalan desa dengan tinggi muka air antara 25–50 cm, Selasa 15 Maret 2022.-BPBD Jember/BNPB-

Wilayah terdampak yaitu di Desa Sumberwringin (Kecamatan Sukowono), Desa Pondok Joyo (Semboro), serta Desa Yosorati, Sumberagung dan Rowotengah (Sumberbaru).

Sementara itu, pantauan pada petang tadi banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, berangsur surut meskipun turun hujan dengan intensitas ringan.

Laporan BPBD setempat pada Selasa 15 Maret 2022, pukul 17.30 WIB mencatat empat desa terdampak banjir. Banjir yang terjadi sejak Senin 14 Maret 2022, sekitar pukul 15.00 WIB,  menggenangi empat desa di Kecamatan Pakis.

Keempat desa tersebut yaitu Desa Mangliawan, Saptorenggo, Ampledento dan Asrikaton. Petugas gabungan masih bersiaga di wilayah terdampak untuk mengantisipasi dampak banjir.

Selain itu, upaya pembersihan material sampah dilakukan pada titik-titik genangan yang telah surut.

Peristiwa ini berdampak pada 139 KK di keempat desa tersebut. Tidak ada laporan korban luka-luka maupun meninggal akibat bencana ini.

Laporan kerugian material antara lain berupa 139 rumah dan 10 tempat usaha terdampak. Prakiraan cuaca di wilayah terdampak, khususnya Kabupaten Malang, masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan pada esok hari, Rabu 16 Maret 2022.

Sedangkan di Kabupaten Jember, prakiraan cuaca di wilayah Sukowono dan Sumber Baru berpeluang hujan petir.

Pemerintah daerah dan warga diharapkan tetap bersiaga dan waspada terhadap potensi banjir susulan atau pun bahaya hidrometeorologi basah lain, seperti tanah longsor dan angin kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bnpb