bannerdiswayaward

Wisata Edukasi Indonesia Diperkenalkan ke Dunia Lewat Edutrip Famtrip 2025

Wisata Edukasi Indonesia Diperkenalkan ke Dunia Lewat Edutrip Famtrip 2025

Indonesia Kenalkan Wisata Edukasi Lewat Edu Famtrip 2025---Dok. Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Pariwisata kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat promosi wisata Indonesia ke pasar global melalui penyelenggaraan Edutrip Familiarization Trip (Edu Famtrip) 2025.

Program ini dirancang untuk memperkenalkan langsung kekayaan destinasi unggulan bertema edukasi kepada pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, hingga Afrika.

Digelar pada 16–23 November 2025, kegiatan ini diikuti sejumlah travel agent dan travel operator internasional, khususnya penyelenggara school trip.

Para peserta diajak merasakan pengalaman langsung di berbagai destinasi edukatif di Semarang, Magelang, Yogyakarta, Solo, hingga Bali.

BACA JUGA:Kemenpar Gelar 244 Acara dan 4 Event Besar Sambut Libur Natatu, Ada DWP hingga Bing Bang Festival

Selama perjalanan, mereka menikmati beragam wisata sejarah, budaya, alam, hingga wellness yang dikemas secara eksperimental.

Strategi Kemenparekraf Perluas Pasar Wisata Edukasi

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, menegaskan bahwa pasar global memiliki potensi besar bagi pengembangan wisata edukasi Indonesia. 

Menurutnya, langkah penetrasi pasar ini penting agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara Asia Tenggara lain yang telah lebih dulu menggarap segmen edutrip.

“Program Edu Famtrip ini mengusung kampanye #GoBeyondOrdinary, menghadirkan pengalaman wisata edukasi yang segar dan relevan bagi kalangan muda. Kami ingin menonjolkan kekhasan budaya, keindahan alam, serta pengalaman wisata yang bersifat experiential,” ujar Made.

BACA JUGA:Kemenpar dan Diageo Indonesia Luncurkan Program 'Learning for Life' untuk Kembangkan SDM dan Wirausaha Pariwisata

Kegiatan ini mengedepankan konsep pemasaran kolaboratif yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari industri perhotelan, travel agent, restoran, atraksi wisata, hingga event organizer.

Sejumlah mitra nasional seperti Wisata Sekolah Indonesia dan PACTO DMC turut mendukung penyelenggaraan kegiatan ini.

Program ini juga menjadi tindak lanjut dari partisipasi Indonesia pada World Youth Student Travel Conference (WYSTC) 2025 di Lisbon pada September 2025 lalu.

Asdep Pemasaran Pariwisata Mancanegara III, Raden Wisnu Sindutrisno, menyebutkan bahwa empat tour operator besar dari Eropa dan Amerika yang ditemui di WYSTC turut serta dalam Famtrip ini.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Close Ads