8 Strategi Pengembangan Bisnis yang Efektif
8 Strategi Pengembangan Bisnis yang Efektif-rawpixel-Freepik
3. Melakukan Inovasi
Inovasi adalah strategi penting agar bisnis bisa terus berkembang dan tidak mengalami penurunan. Penerapan inovasi dalam bisnis berperan dalam mempertahankan pelanggan sekaligus menarik minat konsumen baru. Konsumen cenderung cepat bosan dan selalu mencari sesuatu yang baru, terutama pada bisnis dengan tingkat persaingan yang tinggi.
Tetapi, inovasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan perhitungan dan pertimbangan yang matang agar inovasi yang diterapkan benar-benar relevan dan diperlukan. Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan riset terhadap data dan kebutuhan pelanggan sebelum melakukan inovasi.
Setiap industri mempunyai tren yang terus berkembang. Sebagai pemilik usaha, penting untuk memperhatikan tren tersebut dan melakukan inovasi pada produk atau layanan, tanpa mengorbankan kualitas. Dengan begitu, pelanggan akan tetap setia pada bisnis kamu.
4. Menambah Modal
Dalam upaya mengembangkan bisnis, diperlukan modal yang tidak sedikit. Penambahan modal dibutuhkan untuk memperbesar kapasitas produksi dan memaksimalkan aktivitas promosi supaya penjualan bisa meningkat.
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah modal, antara lain memanfaatkan tabungan pribadi, menjual aset, mengajukan kredit, atau memperoleh pendanaan dari investor. Setiap pilihan memiliki risiko dan keuntungan yang berbeda. Sehingga, penting untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan kondisi bisnis.
BACA JUGA:Bisnis Tekstil RI Dibombardir Barang Impor Ilegal, Pengusaha Lokal Temui Purbaya!
5. Bergabung dengan Komunitas atau Forum Bisnis
Saat ini, ada banyak komunitas atau forum bisnis yang digagas oleh para pengusaha. Dengan bergabung dalam komunitas tersebut, kamu bisa memperluas jaringan dan mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan tentang bisnis. Hubungan yang terbangun dalam komunitas berpotensi memberikan peluang kerja sama bisnis yang bisa membantu menjangkau konsumen baru.
6. Menerapkan Strategi Penjualan yang Tepat
Langkah penting dalam pengembangan bisnis adalah menerapkan strategi penjualan yang tepat. Ada beberapa strategi penjualan yang umum digunakan, yaitu buy market share, hunt, dan farm. Strategi buy market share berfokus pada penjualan produk yang sama kepada segmen pasar yang sama dengan mempertimbangkan beberapa aspek, yaitu layanan, kualitas, dan harga.
Strategi hunt bertujuan untuk mencari konsumen baru. Strategi ini cenderung lebih menantang karena produk harus diperkenalkan dari awal. Sehingga, dibutuhkan upaya pemasaran yang lebih besar.
Sedangkan, strategi farm berfokus pada pengelolaan pelanggan. Strategi ini relatif lebih mudah diterapkan karena pelanggan lama sudah mengenal merek. Sehingga, tidak membutuhkan usaha yang besar dalam memperkenalkan produk.
7. Mengoptimalkan Analisis SWOT
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: