Pendapat Ustaz Syafiq Basalamah Tegas Soal Perbedaan Puasa Arafah di Indonesia dan Arab: Kita Puasa Tanggal...

Rabu 06-07-2022,11:33 WIB
Reporter : Dimas
Editor : Dimas

"Ibadah kita di Indonesia bukan wukuf, jadi ibadah kita berpuasa tanggal 9," tukasnya.

BACA JUGA:Viral Ustaz Adi Hidayat Bongkar Sejarah Nama Asli Kapitan Pattimura: Namanya Ahmad Lusi!

Masjid Darul Muttaqin di Makassar Gelar Dua Salat Idul Adha

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menuturkan agar semua umat Islam bisa menyikapinya dengan biasa saja.

Katanya, sebagai warga negara yang majemuk, umat Islam Indonesia harus memiliki berbagai cara dalam menyikapi perbedaan Idul Adha tahun ini.

Seperti yang dilakukan oleh Takmir Masjid Masjid Darul Muttaqin, Minasa Upa, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Menyikapi perbedaan Hari Raya Iduladha 1443 H, Masjid Darul Muttaqin mengakomodir jamaah yang pelaksanaan Salat Iduladha dua kali, yaitu pada 9 dan 10 Juli.

BACA JUGA:Mudah Dipahami, Ustaz Adi Hidayat Pastikan Puasa Arafah di Indonesia Sesuai Sabda Nabi Muhammad: Karena Zona..

“Ini sudah turun temurun sebenarnya kita lakukan, yakni mengakomodir semua kepentingan saudara Islam kita,” kata Sekretaris Umum Masjid Darul Muttaqin, Zul Ishaq Nur, seperti dikutip, Rabu 6 Juli 2022.

Zul Ishaq mengatakan, kegiatan tersebut sebagai ikhtiar pihak takmir dalam menjaga silaturahmi sesame internal Umat Islam, khususnya di Makassar.

Dia berharap perbedaan yang terjadi dalam pelaksanaan Iduladha 1443 H disikapi dengan biasa saja.

“Ini demi menjaga tali silaturahmi antara sesama umat Islam. Kami dari pengurus ingin mengakomodir semuanya, dan tidak ingin dicap berada di kelompok satu pihak saja.

BACA JUGA:Kenapa Idul Adha di Indonesia Diperdebatkan? Ustaz Adi Hidayat: Suka Agak Keliru, Sebagian Orang Mengatakan...

"Jadi, silahkan datang bagi yang ingin melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Darul Muttaqin,” tandasnya.

Kategori :