Apa Itu Wonderful Indonesia?
Dikutip dari laman resmi Setkab RI, pariwisata merupakan industri keempat terbesar di dunia dan tumbuh hampir dua digit persen per tahunnya.
Beberapa negara bahkan sangat tergantung pada pariwisatanya.
Penjenamaan nasional (national branding) sekarang menjadi agenda utama bagi negara.
Suatu citra negara yang atraktif kini merupakan suatu aset yang lebih dari sekadar harga.
Dalam pada itu, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia telah membuat penjenamaan pariwisata Indonesia untuk menjadi ujung tombak segenap upaya peningkatan pariwisata Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri.
Penjenamaan pariwisata Indonesia adalah sebagaimana diperlihatkan pada dua jenama (brand) berikut:
Masing-masing jenama memiliki logotype dan logogram yang tidak dapat dipisahkan dalam penggunaannya. Kedua jenama di atas memiliki logotype yang berbeda.
Logotype pertama, pesona indonesia, dibuat untuk konsumsi dalam negeri; sedangkan logotype kedua, wonderful indonesia, dibuat untuk konsumsi dalam dan luar negeri.
Kedua jenama di atas memiliki logogram yang sama, yakni berupa beberapa tarikan kuas dalam lima warna, dan jenis huruf (typeface) yang sama, yakni Signika.
Jika kita sekilas melihat kedua jenama di atas, kita langsung berpikir akan burung garuda atau secara simbolik menggambarkan burung Garuda Pancasila.
Pada kenyataannya, burung adalah satwa dengan populasi terbesar di Indonesia dan juga melambangkan perdamaian.
Selain itu, kita akan melihat garis-garis semburat lima warna yang menggambarkan hijau zamrud khatulistiwa, biru laut sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dan warna-warna lain yang penuh keanekaragaman, namun sekaligus menunjukkan kebhinekaan nusantara.
Keanekaragaman tersebut menggambarkan pesona Indonesia yang tiada habisnya.
Sedangkan kebhinekaan menggambarkan persatuan dan kesatuan negara Indonesia yang damai dan sejahtera.
Lima warna dapat pula ditafsirkan sebagai pengejawantahan Pancasila, lima dasar ideologi negara.