Kreatif! Kemenparekraf Kampanyekan Wonderful Indonesia Lewat Desain Seni dan Budaya di Kemasan Snack Lokal

Jumat 16-02-2024,13:23 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

Selain itu, lima warna dapat pula ditafsirkan sebagai lambang lima pemangku kepentingan (stakeholders) dunia kepariwisataan yang meliputi Pemerintah, komunitas, bisnis, media, dan akademisi.

Dalam buku panduan mengenai jenama resmi (official brand) yang disusun oleh Kementerian Pariwisata tertulis bahwa terdapat lima pilar komunikasi tematik pesona.

Kelima pesona tersebut adalah pesona alam (natural wonders); pesona cita rasa indrawi (sensory wonders); pesona budaya (cultural wonders); pesona kekinian (modern wonders); dan pesona petualangan (adventurous wonders). Kelima pesona tersebut memiliki kesatuan dengan apa yang disebut sebagai Dunia Pesona(World of Wonders), yakni Indonesia itu sendiri.

Kelima pesona  tersebut diejawantahkan dalam lima warna dasar dan gradasinya.

Kelima warna dasar beserta gradasinya tersebut adalah warna hijau (green), ungu (purple). jingga (orange), biru (blue), dan magenta (magenta).

Warna ungu (purple) adalah warna utama (primary).

Warna ini harus menjadi latar pada saat memperlihatkan beberapa wonders sekaligus atau pada saat tidak mengomunikasikan satu wonder pun.

 

Kategori :