JAKARTA, DISWAY.ID - Warga RW01 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara mengalami krisis air bersih.
Hal itu disebabkan distribusi air bersih dari PAM Jaya mengalami gangguan selama seminggu ini.
BACA JUGA:Rugi Rp 2,5 Triliun! Pipa PAM Jaya di Jakarta Bocor hingga 46 Persen
BACA JUGA:Dirut PAM Jaya Sebut Air Berbau Kaporit Itu Bagus dan Aman Dikonsumsi
Untuk memenuhi kebutuhan air, warga sampai berebut bantuan air bersih dari PAM Jaya yang dikirimkan melalui mobil tangki di Jalan Ancol Barat 1.
"Sudah 6 hari ini (air mati). Tapi setiap satu bulan sekali mati air selalu warga RT06. Air PAM Jaya," kata salah satu warga Emawati yang sedang mengantre bantuan air bersih pada Kamis, 13 Juni 2024.
Dia menuturkan, ada 10 RT di RW01 yang terdampak gangguan pasokan air.
Kata Emawati, pasokan air bersih tersebut terhenti tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dari PAM Jaya.
BACA JUGA:PAM Jaya Ambil Alih Sepnuhnya Pengelolaan Air Bersih di DKI Jakarta
"Kita nggak dikasih pemberitahuan tiba-tiba mati," ungkapnya.
Kata Emawati, untuk memenuhi kebutuhan air, dia bersama warga lainnya harus rela menunggu bantuan dari PAM Jaya.
"Ya ini kita nungguin tangki begini. Kalau nggak ada bantuan ya bingung mau masak, mau nyuci, bingung," pungkasnya.
Meski selama pasokan air mati mendapat bantuan, namun Emawati mengaku lelah kalau tiap hari harus mengantre.
BACA JUGA:Sumber Air di Makam Eril, PAM Jaya: Kami Tidak Merekomendasikan Untuk Digunakan
Selain itu, jatah bantuan yang diberikan juga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.