Sumber Air di Makam Eril, PAM Jaya: Kami Tidak Merekomendasikan Untuk Digunakan

Sumber Air di Makam Eril, PAM Jaya: Kami Tidak Merekomendasikan Untuk Digunakan

Mata Air keluar tak jauh dari makam Emmeril Kahn Mumtadz-Istimewa-@ridwankamil

JAKARTA, DISWAY.ID - Belum lama ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membeberkan bahwa dirinya menemukan sumber mata air yang tak jauh dari makam anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz.

Rencananya, Ridwan Kamil akan mengalokasikan mata air tersebut menjadi irigasi dan air bersih untuk diminum masyarakat, khususnya di sekitar makam Eril.  

Namun, apakah air yang tiba-tiba muncul tak jauh dari makam Eril itu dapat digunakan masyarakat? Perumda Air Minum Jaya (PAM Jaya) menjawab bahwa air yang tiba-tiba muncul tanpa melalui pipa, tidak bisa digunakan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Setelah Pecat Rian Mahendra, PO Haryanto Luncurkan 2 Armada Bus Baru

BACA JUGA: Viral Mata Bocah Bengkak Hitam Gara-gara Main Lato-lato, Bagaimana Cara Mainnya Buat Pemula Agar Aman?

Senior Manajer Sekretaris Perusahaan PAM Jaya, Yudi Irawan menjelaskan bahwa air di makam Eril sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh masyarakat tanpa diteliti terlebih dahulu oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Kami tidak merekomendasikan sebelum dilakukan pengecekan oleh PDAM,” ujar Yudi Irawan saat dihubungi Disway.Id, Senin, 9 Januari 2023.

Menurutnya, air yang tiba-tiba muncul sepeti itu harus dicek terlebih dahulu terkait kualitas airnya ke laboratorium air.

BACA JUGA:Iwan Bule Segera Diganti, Menpora Amali Tegaskan Siapa Pun Boleh Ajukan Diri Sebagai Calon Ketua Umum PSSI

BACA JUGA:Kronologi Pembunuhan ART Cipayung, Polisi Beberkan Identitas Pelaku

Hal tersebut juga sudah dipastikan melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Republik Indonesia (RI) Nomor 32 Tahun 2017.

Permenkes tersebut membahas tentang standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan air untuk keperluan higiene sanitasi, kolam renang, solus per Aqua dan pemandian umum.

Begitu juga dengan SK Perkemenkes Nomor 492 Tahun 2010 tentang kualitas standar air minum.

BACA JUGA:Sah! Nex Carlos Resmi Menikah dengan Vienesca Laurencia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: