Makin Nyaman! KA Jaka Tingkir Akan Gunakan Kereta Ekonomi New Generation Versi Modifikasi

Selasa 09-07-2024,15:50 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - KAI akan mengoperasikan kereta ekonomi new generation versi modifikasi pada KA (221A) Jaka Tingkir relasi Purwosari – Pasar Senen mulai 25 Juli 2024 dan KA (222A) Jaka Tingkir relasi Pasar Senen – Purwosari mulai 26 Juli 2024.

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, upgrade kereta kelas ekonomi tersebut menggantikan jenis kursi berhadapan menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk.

BACA JUGA:8 Bulan Beroperasi, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus 4 Juta Orang

BACA JUGA:KAI Commuter Layani 156 Juta Pengguna Commuter Line Jabodetabek Pada Semester Pertama 2024

Kursi pada kereta ekonomi new generation sudah berjenis captain seat  yang akan meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan waktu tempuh yang panjang.

Hal ini rangkaian memiliki desain kursi yang ergonomis dilengkapi fitur pengatur kemiringan (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi ini adalah wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman dan profil pelanggan ” kata Anne Selasa 9 Juli 2024.

Selain pada kursi, kereta ekonomi new generation versi modifikasi ini  juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu di dalam kabin kereta. 

BACA JUGA:Banyak Kecelakaan di Jalur Kereta Api, KAI Ingatkan Lagi Soal Prioritas Kendaraan

BACA JUGA:Januari Hingga 30 Juni 2024, KAI Telah Tutup 113 Jalur Perlintasan Sebidang

Interior kereta juga dimodifikasi menyerupai kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah, dengan sentuhan aksen kayu pada bagian jendela yang memberikan kesan klasik dan elegan. 

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan penggunaan toilet duduk dilengkapi wastafel dan hand dryer. 

Selain itu tersedia tempat ibadah di kereta restorasi. 

Kereta ekonomi Jaka Tingkir new generation ini merupakan hasil inovasi sarana yang dilakukam oleh Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta). 

Kategori :