Penyidik Kasus Pegi Setiawan Disebut Lakukan Pelanggaran Etika Berat, Eks Wakapolri: Kalau Saya Kadiv Propam, PTDH Harus Dilakukan!

Rabu 10-07-2024,18:23 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Mantan Wakapolri, Komjen (Purn) Oegroseno turut mengomentari status Pegi Setiawan yang dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum oleh Pengadilan Neger (PN) Bandung, Jawa Barat pada Senin 8 Juli 2024 kemarin.

Menurut Hakim Tunggal Eman Sulaeman, pada sidang praperadilan Pegi Setiawan, bukti-bukti yang diberikan oleh pihak termohon (Polda Jabar) lemah dan dianggap tidak menguatkan sehingga permohonan Pegi Setiawan dikabulkan oleh PN Bandung.

BACA JUGA:Psikolog Forensik Sayangkan Ucapan Terima Kasih Pegi ke Jokowi Usai Bebas: Apa Kontribusi Presiden?

BACA JUGA:Pegi Bebas, Aep dan Dede Dilaporkan Dedi Mulyadi ke Bareskrim terkait Kesaksian Palsu

Komjen (Purn) Oegroseno pun menyebut apa yang dilakukan oleh penyidik Polda Jabar adalah pelanggaran etika berat, karena menangkap orang yang tidak bersalah di kasus pembunuhan Eky dan Vina Cirebon.

“Bahwasanya ini termasuk pelanggaran etika profesi berat. Jadi sanksi terberat kalau saya masih Kadiv Propam ya Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) itu harus dilakukan,” ujar Komjen Oegroseno, Selasa 9 Juli 2024.

“Kepada para penyidik, anggota yang melakukan pelanggaran etika Polri dalam penyidikan tahun 2016 silam,” tambahnya.

BACA JUGA:Kebohongan Aep Dikuliti Eks Kabareskrim Susno Duadji di Kasus Vina Cirebon: Tidak Kenal, Tapi Dia Tahu Wajah Pegi

BACA JUGA:Pegi Setiawan Cianjur Kembali Diburu Netizen Pasca Dibebaskannya Pegi Cirebon: Tunggu Hasil Tes DNA

Selain itu, Komjen Oegroseno juga mengatakan, kejadian status tersangka Pegi Setiawan yang dinyatakan tidak sah oleh PN Bandung tentunya akan mempengaruhi citra Polisi di masyarakat.

"Ya ini kan kontrol sosial cukup bagus, sehingga bagi saya tidak merusak citra Polisi ke depan yang sudah dibangun cukup lama," ungkapnya.

"Mudah-mudahan sebagai koreksi, jangan sampai terjadi berulang-ulang ke depan nanti," tukasnya.

Nasib Penyidik di Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Sebelumnya, nasib penyidik penangkapan Pegi Setiawan diungkap Bareskrim Polri melalui Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro.

Brigjen Pol Djuhandhani menjelaskan bahwa pihaknya akan segera melakukan evaluasi terhadap penyidik penangkapan Pegi.

Kategori :