Cara Download Aplikasi Dapodik 2025 Terbaru Semester Ganjil Jenjang PAUD-SMA/SMK, Referensi Mudah untuk Guru!

Selasa 16-07-2024,15:11 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Aplikasi Dapodik atau Data Pokok Pendidikan versi 2025 terbaru telah dirilis sejak Senin, 15 Juli 2024.

Hal ini dalam rangka pemutakhiran data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sudah melakukan integrasi data dan pembaruan pada aplikasi Dapodik 2025 untuk satuan pendidikan.

Di mana, nantinya tiap guru akan menggunakan aplikasi Dapodik ini untuk mengumpulkan data semester1 atau ganjil tahun ajaran 2024/2025 jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK dan SLB.

BACA JUGA:Cara Cek Data Dapodik Guru Buat Persiapan PPG Daljab 2024, Lengkap Panduan Perbaruinya

Namun, diharapkan jika satuan pendidikan memprioritaskanpendataan Peserta Didik semester 1 tahun ajaran 2024/2025 dengan status 'Naik Kelas' lebih dulu.

Barulah, selanjutnya untuk peserta didik baru dan melakukan isian partisipasi BOSP.

Dengan adanya pembaruan atau perubahan ini menjadi upaya untuk menyelaraskan prosedur serta mekanisme pendataan Dapodik.

Sesuai dengan Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan, dijelaskan bahwa satuan pendidikan juga harus mengisi serta melakukan pemutakhiran Dapodik yang sesuai dengan kondisi riil atau di lapangan satuan pendidikan paling lambat di tanggal 31 Agustus 2024.

Selain itu, dalam rangka menindaklanjuti terbitnya peraturan Permendikbudristek nomor 47 tentang Standar Pengelolaan pada PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Pasal 8 bahwa satuan pendidikan dalam menyusun perencanaan kegiatan pendidikan yang memuat kurikulum dan pembelajaran, satuan pendidikan juga menetapkan jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar dan jumlah rombongan belajar pada setiap satuan pendidikan.

BACA JUGA:Cara Cek NUPTK Online Lewat Website GTK Kemendikbud, Guru Honorer yang Tercatat Dapodik Wajib Punya

Seperti yang diketahui, aplikasi Dapodik versi 2025 ini dirilis dalam bentuk Installer, karena itulah satuan pendidikan wajib untuk uninstall aplikasi Dapodik versi sebelumnnya.

Adapun untuk men-download atau menginstal aplikasi Dapodik 2025 terbaru dapat melalui tautan berikut https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan

Sedangkan, untuk langkah atau cara menginstalnya simak ulasan di bawah ini.

Langkah instalasi Aplikasi Dapodik versi 2025

Melansir dari laman Data Pokok Kemdikbud, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menginstalasi aplikasi Dapodik versi 2025 terbaru, antara lain:

Kategori :