Dalam dimensi atau elemen berkebhinekaan secara global ini dibuktikan dengan:
- Refleksi dan tanggung jawab pada pengalaman berkebhinekaan
- Mengenal serta mengharga budaya
- Skill komunikasi interkultural di dalam berinteraki dengan sesama.
BACA JUGA:AHM dan Wahana Makmur Sejati Edukasi Motor Listrik kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang
2. Beriman dan bertakwa pada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Peserta didik Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Pelajar mampu untuk memahami semua ajaran agama dan kepercayaan, serta juga menerapkan dan mengimplementasikan pemahaman itu di dalam kehidupan sehari-hari.
Di dalam dimensi atau ciri ini banyak sekali elemen kuncinya, antara lain:
- Akhlak bernegara
- Akhlak terhadap manusia
- Akhlak pribadi
- Akhlak ke alam
- Akhlak beragama
3. Mandiri
Siswa yang mandiri tentunya dapat bertanggung jawab akan semua proses serta hasil belajar yang sudah dilakukannya.
Untuk elemen kuncinya sendiri dapat membangun sifat:
- Regulasi diri
- Serta, kesadaran akan diri dan juga situasi yang dihadapi
4. Kreatif
Siswa yang kreatif pastinya dapat menghasilkan ide atau sesuatu yang berbau orisinal, bermakna, ada manfaatnya serta berdampak pada kehidupan sehari-hari.
Karakter kreatif ini dapat membangun elemen berikut:
- Menghasilkan tindakan dan karya orisinal
- Menghasilkan ide atau gagasan orisinal
5. Gotong royong
Dalam hal bergotong royong, siswa akan memiliki kemampuan untuk dapat melakukan aktivitas secara bersamaan dengan sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah serta ringan.
Tentunya, hal ini juga didapatkan dari siswa yang membangun elemen, di antaranya berbagi, kolaborasi dan kepedulian.
6. Memiliki nalar kritis