6 Profil Pelajar Pancasila dalam Pendidikan Indonesia, Elemen Kunci untuk Bentuk Karakter Siswa

Rabu 17-07-2024,14:33 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu konsep yang diusung oleh pemerintah untuk membentuk karakter peserta didik yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 mengenai Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Melansir dari situs Pusat Informasi Guru Kemdikbud, Profil Pelajar Pancasila ini merupakan suatu harapan ciri karakter dan juga kompetensi yang dapat dicapai oleh peserta.

BACA JUGA:SMPN 11 Tangsel Gelar Festival Panen Karya, Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Hal ini juga didasarkan dari nilai-nilai luhur Pancasila.

Hadirnya Profil Pelajar Pancasila ini juga mempunyai fungsi dalam menerjemahkan tujuan serta visi pendidikan di dalam format yang lebih mudah dipahami oleh semua pemangku di bidang pendidikan.

Dengan adanya panduan pengembangan karakter pendidik serta pelajar Indonesia ini menjadi tujuan akhir seluruh pembelajaran, kegiatan serta program dari Satuan Pendidikan.

Adapun, 6 dimensi yang karakter dari Profil Pelajar Pancasila yang perlu diketahui.

6 Profil Pelajar Pancasila dalam Pendidikan Indonesia

mengutip dari situs Cerdas Berkarakter Kemdikbud, di bawah ini akan diulas sejumlah isi dari 6 (enam) dimensi, ciri serta karakter yang ada dalam Profil Pelajar Pancasila, di antaranya:

BACA JUGA:Kumpulan Rumus Segitiga dalam Matematika Mudah dipelajari, Lengkap dengan Contoh Soalnya!

1. Berkebhinekaan secara global

Peserta didik Indonesia juga harus mampu dalam mempertahankan budaya luhur, identitas, lokalitasnya serta tetapi terus berpikiran terbuka.

Hal tersebut dapat diterapkan jika berinteraksi dengan budaya baru atau yang lainnya.

Tujuan dari itu supaya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai,menghormati sehingga karakter positif bisa berkembang dan tak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Kategori :