Pj Wali Kota Tangerang Dr Nurdin Ajak Masyarakat Merasakan Kemeriahan Festival Al-'Azhom, Ada Kisah Rasul melalui Virtual Reality 5D

Minggu 07-07-2024,07:00 WIB
Reporter : Tri Broto
Editor : Tri Broto

KOTA TANGERANG, DISWAY.ID-- Pemerintah Kota Tangerang kembali menggelar Festival Al-'Azhom bertepatan dengan malam Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H pada 6-17 Juli 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr Nurdin, membuka langsung festival ke-11 itu, Sabtu 6 Juli 2024 di Masjid Raya Al-'Azhom. Selama pergelaran Festival Al-'Azhom akan menyuguhkan berbagai acara bernuansa Islami.

Seperti diketahui, Festival Al-'Azhom merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Pemkot Tangerang bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang.

Masjid Raya Al-A'zhom sendiri dibangun pada tahun 1997, di mana peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Wali Kota Tangerang saat itu Djakaria Machmud. Lokasi masjid terbesar di Tangerang itu berada kompleks Pusat Pemerintahan Kota Tangerang di Jalan Sudirman.

Masjid selesai dibangun tahun 2003 dan diresmikan tahun oleh Menteri Agama RI, Said Agil Husin Al-Munawar di tahun yang sama.

Keunikan masjid itu terletak pada arsitekturalnya, yakni kubah utama masjid ditopang 4 kubah setengah lingkaran di sekelilingnya sehingga di dalam ruangan masjid tidak terdapat tiang penyangga kubah serta terdapat Al-quran berukuran besar.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Dr Nurdin mengungkapkan rasa antusias sekaligus mengobarkan semangatnya terhadap acara Festival Al-A'zhom.


Pj Wali Kota Tangerang Dr Nurdin membuka Festival Al-'Azhom 6-17 Juli 2024. (dok.humas kota tangerang)

Menurutnya, festival akbar ini menjadi salah satu destinasi wisata religi paling meriah dan ditunggu oleh masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya, terlebih bersamaan dengan peringatan Malam Tahun Baru Islam.

"Alhamdulillah sebagai bagian dari kemeriahan Peringatan Tahun Baru Hijriyah, Festival Al-A'zhom kembali hadir memberikan suasana hati riang gembira bagi masyarakat Kota Tangerang khususnya, dan umat muslim pada umumnya, melalui beragam suguhan bernuansa, penampilan seni dan budaya bernafaskan keislaman," tutur Pj Dr Nurdin saat pembukaan Festival Al-'Azhom di Masjid Raya Al-A'zhom.

Dr Nurdin menyampaikan, momentum Tahun Baru Islam harus dimaknai sebagai sarana introspeksi diri menuju pribadi dan insan beragama lebih baik.

"Tahun baru menjadi awal bagi kita untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang baru, membuka lembaran baru dengan sesuatu yang positif melalui doa dan dzikir, melalui sesuatu yang indah dibaca dan didengar, termasuk dengan meneladani sifat-sifat dan kisah-kisah para Nabi dan Rasulullah." ucap Dr Nurdin.

Salah satunya, kata Dr Nurdin, kisah perjalanan para Nabi dan Rasul yang dapat menjadi teladani. Salah satunya melalui Virtual Reality 5 Dimension (VR 5D). 

Mantan Pj Bupati Aceh Jaya tersebut pun mengajak seluruh masyarakat hadir memeriahkan Festival Al-A'zhom dan menikmati beragam penampilan dan suguhan bernuansa islami di Kota Tangerang tahun ini.

"Datang dan ajak keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat ke Festival Al-A'zhom karena selain ada VR kisah para Nabi juga ada kajian dan doa bersama para pemuka agama terkemuka penrtunjukan seni dan budaya islam. Para pengunjung juga dapat menikmati sajian bazaar kuliner dari UMKM Kota Tangerang dan juga booth-booth pelayanan publik dari Pemerintah Kota Tangerang," katanya. 

Kategori :