Menhub Budi Karya Ajak Pelaku Usaha untuk Berpartisipasi dan Berinvestasi di Pelabulan Patimban-Jawa Barat

Rabu 24-07-2024,20:03 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pelaku usaha untuk dapat berpartisipasi, berinvestasi serta melakukan kegiatan usaha dan berbisnis di Pelabuhan Patimban. 

Hal ini merupakan wujud keberhasilan pemerintah menggaet investor sekaligus pembangunan di Kabupaten Subang. 

BACA JUGA:Kemenhub Dukung Aplikasi SIMBARA, Tingkatkan Penerimaan Negara

BACA JUGA:Bus Berkualitas Marak, Kemenhub Berharap Masyarakat Gunakan Angkutan Umum 

"Keberhasilan dari kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia tidak akan dapat dicapai tanpa adanya peran, kontribusi, serta dukungan dan kolaborasi dari para pelaku ekonomi, bisnis dan produsen di sekitarnya," ujar Menhub Budi Karya dalam paparannya secara daring pada Rabu, 24 Juli 2024. 

Ia berharap Pelabuhan Patimban dapat meningkatkan potensi bisnis di pelabuhan serta kawasan khususnya Jawa Barat dan sekitarnya. 

"Dengan berkembangnya Pelabuhan Patimban, pelayanan transportasi laut dan logistik dapat lebih mudah, lebih efisien, serta meningkatkan perekonomian di Kawasan Jawa Barat dan Nasional," lanjut Budi Karya. 

Diketahui, Kementerian Perhubungan bersama PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) dan PT Patimban International Car Terminal (PICT), terus mengembangkan Pelabuhan Patimban. 

BACA JUGA:Buka PNKJ 2024, Menhub Budi Karya Ingatkan Masyarakat Pentingnya Keselamatan dalam Berkendara

BACA JUGA:Pembangunan Pelabuhan Patimban dan MRT Wujud Kerjasama Indonesia dengan Transportasi ASEAN-Jepang

Hal ini guna memberikan fasilitas transportasi laut, sekaligus sebagai outlet bisnis bagi pelaku usaha khususnya di Jawa Barat. 

Pelabuhan Patimban dibangun dan dikembangkan dalam beberapa tahap, yakni tahap I-1 (tahun 2018-2021), tahap I-2 (tahun 2022-2025), dan akan dilanjutkan pada tahap II dan tahap III. 

Pemerintah juga membangun ekosistem Pelabuhan Patimban dengan mengembangan backup area untuk mendukung kelancaran kegiatan kepelabuhanan. 

Backup area itu juga ditawarkan pada investor untuk mempercepat pembangunan backup area. 

BACA JUGA:Kemenhub Larang Pegawai Ikut Judi Online, Resmi Terbitkan Surat Edaran

Kategori :