Puan Maharani Pakai Kebaya Emas Rancangan Desainer Didiet Maulana Saat Pimpin Sidang Tahunan MPR 2024

Jumat 16-08-2024,11:31 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua DPR RI Puan Maharani mengenakan Kebaya dengan nuansa warna Gold, dalam rangkaian Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD RI tahun 2024.

Diketahui, Kebaya emas tersebut rancangan desainer ternama Didiet Maulana.

Tampak anggun dengan sanggul sederhana, Puan memakai kebaya jenis kutu baru.

BACA JUGA:528 Anggota Parlemen Hadiri Sidang Tahunan MPR - DPR - DPD Hari Ini

Rupanya ada makna tersendiri dari desain kebaya Puan.

"Kain French Lace yang dibentuk menjadi Kutubaru ini terinspirasi dari sebuah optimisme yang saya rasa patut dimiliki dalam melihat potensi indah yang dimiliki dalam diri. Bahwa setiap kita adalah emas. Bahwa setiap kita adalah emas," ujar Didiet Maulana, pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Menurutnya, kebaya emas tersebut memiliki makna semangat, kesuksesan dan kemenangan yang terpancar dalam memperingati 79 tahun Indonesia merdeka.

Motif di bagian depan dibuat tumpal dengan buketan atau bunga. Ini dipengaruh dari pesisiran peranakan cina, dengan warna-warni.

Puan juga mengenakan selendang sutra berwarna emas muda untuk melengkapi Kebaya yang dikenakannya, sebagai lambang kelembutan.

Tak lupa, ada pula aksesoris bros kupu-kupu pada bagian panel tengah kebaya menambah manis busana yang dikenakan Puan.

"Motif kupu-kupu banyak ditampilkan dalam berbagai motif wastra di Indonesia. Melambangkan metamorfosa, bahwa semua adalah proses yang harus dibangun satu per satu," jelas Didiet.

BACA JUGA:Hadiri Sidang Tahunan MPR RI, Prabowo Tiba Kenakan Jas dan Kemeja Biru Muda

Kebaya dilengkapi dengan kain batik tulis motif sulur dan buketan, yang melambangkan keindahan dan proses yang bertumbuh.

Aksen motif Kawung pada bagian pinggir kain, membuat cucu Bung Karno itu semakin anggun dan memperlihatkan sosok perempuan Indonesia yang cinta persatuan.

"Motif kawung menjadi simbol kemurnian, kebaikan dan persatuan," jelas Didiet.

Kategori :