Akhirnya Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Sabtu 17-08-2024,11:09 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - FIFA dikabarkan telah mengadakan sidang CAS untuk membuat keputusan fix terkait status kewarganegaraan Maarten Paes pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Kabar yang mencuat bahkan mengatakan bahwa FIFA telah resmi memberikan pengesahan atas izin Maarten Paes untuk pindah kewarganegaraan atau menjadi pemain naturalisasi dari Belanda ke Indonesia.

Apabila kabar tersebut benar maka sudah dipastikan bahwa Maarten Paes diperbolehkan tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.

Telrebih kiper milik FC Dallas itu sudah menjalani sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) beberapa bulan yang lalu.

BACA JUGA:Saat Erick Thohir Ungkit Sidang CAS Atas Pemain Keturunan Maarten Paes

Terpantau di akun Instagram @Ransfc.bola, pada Sabtu 17 Agustus 2024, bahwa dikabarkan Maarten Paes telah sah menjadi warga negara Indonesia sepenuhnya.

"Akhirny Maarten Paes bisa bela Indonesia,” tulis caption dari akun @ransfc.bola.

Dalam postingan itu, terlihat adanya dialog yang diduga dilakukan antara Maarten Paes dengan admin akun @keeperstop.gk dengan percakapan menggunakan bahasa Inggris.

Akan tetapi PSSI sampai dengan saat ini masih belum mengumumkan secara resmi bahwa Maarten Paes telah mendapat izin resmi dari FIFA untuk membela Timnas Indonesia.

BACA JUGA:Profil dan Biodata Maarten Paes Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebelumnya, Belanda juga sempat mengklaim bahwa Maarten Paes masih menjadi bagian dari tim nasional mereka karena dia pernah memainkan pertandingan untuk skuad Timnas Belanda di kelompok usia. Akan tetapi, pada saat itu sang pemain belum menyelesaikan administrasi untuk proses naturalisasi.

Setelah proses naturalisasinya selesai dan dia menjalani sumpah WNI, Maarten Paes tidak dapat bermain untuk Timnas Indonesia karena masih ada sengketa dengan KNVB, federasi sepak bola Belanda yang juga mengklaim bahwa Maarten Paes masih merupakan bagian dari tim mereka.

Kasus naturalisasi Maarten Paes ini akhirnya disidangkan oleh FIFA pada tanggal 15 Agustus 2024.

Kabar terbaru menunjukkan bahwa akun Instagram Maarten Paes diserbu oleh warganet suporter Timnas Indonesia yang sangat menantikan aksi sang penjaga gawang naturalisasi itu untuk membela Tim Garuda dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

BACA JUGA:Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia 5 September Lawan Arab Saudi, Bung Harpa: Erick Thohir Mungkin Sewa Lawyer Internasional

Kategori :