Mandiri 3x3 Indonesia Tournament Berpotensi Hasilkan Bibit Pemain Timnas Basket

Sabtu 17-08-2024,18:57 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Penyelenggaraan kompetisi basket Mandiri 3x3 Indonesia Tournament yang diinisiasi oleh PT Supersport Sensation (SSS) Internasional sudah memasuki tahun ketiga

Pada tahun ini, puncak kompetisi tersebut menampilkan sebanyak 20 tim di babak final Regional Jawa yang berlangsung di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

BACA JUGA:PERBASI memanggil 12 pemain untuk bertanding di FIBA U-18 Asia Cup 2024

BACA JUGA:Ade Govinda Persembahkan Mars Bola Basket untuk Perbasi Agar Prestasi Lebih Baik

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Bidang 3x3 Jamin Mattotoran mengatakan bahwa pemain-pemain hasil turnamen ini potensial untuk dilirik masuk tim nasional Indonesia.

"Acara ini sangat mendukung program dari PP Perbasi sendiri terutama di bidang 3x3. Menurut saya pemain-pemain ini bisa kemungkinannya sangat besar, potensinya sangat besar dari putri-putra yang akan dipanggil ke timnas 3x3 sangat memungkinkan sekali," kata dia.

Mandiri 3x3 Indonesia Tournament sebelumnya telah mendapatkan juara sejati di Regional Sumatra yang digelar di Medan dan Regional Sulawesi yang tempat pelaksanaannya berlangsung di Makassar.

Adapun untuk Regional Jawa ini memainkan total sebanyak empat Play In. Rinciannya adalah Play In Jabodetabek, Play In di Jawa Barat, Play In Jawa Tengah, dan Play Ini Jawa Timur.

BACA JUGA:Perbasi Tangsel Sukses Kawin Gelar di Cabor Basket Popda Banten XI

Mattotoran menyebut bahwa babak final Regional Jawa ini memili level yang sedikit lebih berbeda jika dibandingkan dengan semua regional lain yang sudah diikuti oleh pihaknya selama semua seri-seri mandiri.

"Karena memang disini menurut saya pesertanya lebih matang terus level skill permainannya lebih di atas dari yang seri-seri lainnya. Jadi sangat kompetitif," ujar dia.

Selain itu, untuk mendapatkan tiket final Regional Jawa, setiap tim memainkan minimal empat pertandingan. Masing-masing mereka otomatis mewakili kategorinya jika bertanding empat kali tanpa kekalahan.

Adapun untuk bisa menjadi juara di Final Regional Jawa, setiap tim kembali harus memainkan empat pertandingan lagi, dengan catatan tanpa merasakan kekalahan satu kali pun.

"Ketatnya persaingan ini akan tersaji di kategori KU23. Mereka harus menang sampai akhir untuk menjaga kans juara di Final Regional Jawa ini," ujar Penanggung Jawab Mandiri 3x3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis.

BACA JUGA: Kompetisi Basket Pelajar Terbesar di Indonesia, Honda DBL 2024 Siap Digelar

Kategori :