Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Pertamina Gelar Pengibaran Bendera Bawah Laut hingga Pemberian Beasiswa

Minggu 18-08-2024,09:40 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Pertamina Group menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) mulai dari pengibaran bendera merah putih di bawah laut dan pelestarian ekosistem maritim, aksi bersih-bersih Ciliwung, workshop strategi pengembangan usaha untuk keluarga sejahtera hingga pemberian beasiswa. 

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan berbagai kegiatan TJSL dilakukan Pertamina untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan, sebagai bagian dari rasa syukur atas Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Sebagai BUMN, Pertamina komitmen terus menjalankan program TJSL yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan keberlangsungan ekosistem di seluruh wilayah operasi Perusahaan," ujar Fadjar. 

Selama bulan Agustus, imbuh Fadjar, Pertamina menggelar berbagai kegiatan spesial sebagai bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan yang dirasakan bangsa Indonesia. 

BACA JUGA:Pertamina Salurkan BBM Labuan Bajo dengan Distribusi Khusus, Dampak Perbaikan Jalan

BACA JUGA:Dirut Pertamina Nicke Widyawati Hadiri Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

Diantaranya, yakni PT Pertamina International Shipping (PIS) yang merayakan HUT RI ke-79 dengan melakukan pengibaran bendera merah putih di bawah laut dilanjutkan aksi transplantasi terumbu karang demi menjaga ekosistem dan kelestarian di kawasan Gili Trawangan.

Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu 17 Agustus, bertema "‘BerSEAnergi untuk Laut’ yaitu program keberlanjutan ekosistem laut dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Kegiatan pengibaran bendera merah putih di bawah laut juga dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), subholding gas Pertamina. Aksi ini dilakukan Perwira PGN bersama masyarakat sekitar, di perairan Pulau Tabuhan, Banyuwangi. PGN juga melakukan program Mengajar di SDN 1 Bengkak, Banyuwangi dalam program "Penjaga Laut Junior" untuk mengedukasi siswa sekolah tentang pelestarian alam terutama laut, serta peran pemanfaatan gas sebagai energi transisi.  

Sementara itu, PT Pertamina Patra Niaga menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK), Pemerintah Kota Depok dan para anggota Komunitas Peduli Sungai Ciliwung, melakukan kegiatan bersih-bersih sungai yang terangkum dalam Festival Ciliwung 2024.

BACA JUGA:Pertamina Tabur Hadiah Saat Perayaan 17 Agustus di SPBU, Ada Tantangan Menyanyi hingga Baca Teks Proklamasi

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Perkuat Distribusi BBM Dukung Perhelatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN

Kegiatan terlaksana sejak 10 Agustus 2024, diisi dengan edukasi komunitas dan pelajar untuk peduli lingkungan, aksi bersih-bersih sungai serta pengibaran bendera merah putih sepanjang 79 meter pada 18 Agustus 2024. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada anak sekolah dan komunitas tentang pentingnya perilaku dan kepedulian terhadap pengelolaan sampah sehingga dapat mengurangi risiko bencana seperti banjir dan tanah longsor," imbuh Fadjar. 

Di Lampung, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) unit operasi Ulubelu memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan menggelar Workshop Strategi Pengembangan Usaha Berbasis Olahan Pangan Keluarga Mandiri Sehat dan Sejahtera (Kamasetra) yang dilaksanakan di Ulubelu, 15 Agustus 2024.

Kategori :